alexametrics
25C
Probolinggo
Thursday, 21 January 2021

Polisi Mulai Telusuri Sumber Skor Debat Publik Pilwali

PASURUAN, Radar Bromo- Debat publik kedua Pilwali Pasuruan 2020 beberapa waktu lalu masih menyisakan polemik. Laporan dugaan pelanggaran pasal 1 UU ITE tentang penyebaran berita hoaks dilimpahkan ke Polres Pasuruan Kota.

Laporan itu dilakukan relawan Bolo Tegas, pendukung paslon Raharto Teno Prasetyo – Moch. Hasjim Asjari. Mereka melaporkan beredarnya selebaran digital memuat skor hasil debat yang dinilai merugikan Teno-Hasjim.

Laporan itu disampaikan ke Bawaslu. Dan kini, laporan tersebut masuk ke ranah kepolisian. Sebab, hasil kajian Bawaslu menyatakan bahwa objek laporan bukan pelanggaran Pilkada. Karena itu, Bawaslu melimpahkan laporan itu ke Polres Pasuruan Kota.

Kasubbag Humas Polres Pasuruan Kota AKP Endy Purwanto membenarkan adanya pelimpahan laporan itu. “Memang benar ada limpahan laporan dari Bawaslu berkaitan dengan pengunggahan skor debat Pilwali,” kata Endy, Kamis (3/12).

Setelah menerima laporan, pihaknya melakukan serangkaian penyelidikan. Hal itu terutama dilakukan untuk mengetahui sumber selebaran digital dengan konten skor debat. Tidak menutup kemungkinan, polisi juga akan menelusuri pembuat skor tersebut.

“Pada prinsipnya kami menindaklanjuti pelimpahan laporan itu. Sekarang masih proses penyelidikan,” tambahnya.

Sebelumnya, Bawaslu menerima laporan itu dari Relawan Bolo Tegas. Setelah dilakukan kajian awal terhadap materi laporan, Bawaslu memutuskan bahwa objek laporan tidak tergolong pelanggaran Pilkada. Lantaran itu, Bawaslu melimpahkannya ke Polres Pasuruan Kota.

ILUSTRASI

“Sehingga bukan wewenang Bawaslu untuk menanganinya, karena ini berkaitan dengan UU ITE. Kami teruskan ke instansi yang berwenang, dalam hal ini kepolisian. Sehingga proses penanganan selanjutnya ada di kepolisian,” terang Komisioner Bawaslu Kota Pasuruan Awanul Mukhris.

Dalam gambar skor debat itu, tertulis sumber data berasal dari penilaian tim ahli Koalisi Pemantau Pemilu Indonesia. Penilaian dilakukan pada enam segmen debat yang berlangsung. Dengan akumulasi skor paslon Saifullah Yusuf-Adi Wibowo sebanyak 510. Sedangkan skor paslon Raharto Teno Prasetyo-Mochammad Hasjim Asjari sebanyak 194. (tom/hn/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU