alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Harga Bahan Pokok di Kota Pasuruan Fluktuatif Jelang Nataru

PURWOREJO, Radar Bromo – Selama beberapa waktu terakhir, harga bahan pokok di pasar tradisional di kota Pasuruan cenderung stabil. Namun ada sebagian yang justru mengalami kenaikan.

Diantara komoditas yang harganya mulai naik ialah jenis holtikultura. Seperti sayur-sayuran wortel, buncis dan tomat. Ketiga komoditas itu mengalami kenaikan Rp 500. Kisaran harganya kini antara Rp 9 ribu hingga 12 ribu per kilogram. Sementara sayuran lain seperti kubis dan kentang masih sama, yakni Rp 9 ribu.

Di sisi lain, untuk komoditas cabai juga melonjak hingga Rp 4 ribu. Harga biasanya berkisar Rp 37 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp 41 ribu atau 10 persen. Hanya jenis cabai rawit yang masih bertahan di harga Rp 36 ribu per kilogram.

Berbeda dengan bawang merah dan bawang putih yang justru harganya turun sekitar Rp 500. Harga bawang merah kini sekitar Rp 28.500. Sedangkan harga bawang putih 20 ribu per kilogram.

Kasi Pengawasan Barang dan Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan, Subhan Widi menjelaskan, perubahan harga bahan pokok di pasar bisa dipengaruhi beberapa faktor. Tak terkecuali tingginya permintaan konsumen. Terutama menjelang hari-hari besar atau hari perayaan keagamaan.

“Kalau dampak dari hari raya Natal atau tahun baru masih belum begitu signifikan karena masih awal Desember ini ya,” katanya.

Akan tetapi, perubahan harga beberapa komoditas yang saat ini terjadi banyak dikarenakan faktor cuaca. Mengingat kini sudah memasuki musim hujan. Maka dimungkinkan pasokan komoditas holtikultura dari petani berkurang karena hasil panen yang kurang baik.

“Memang banyak faktor untuk saat ini. Bisa karena cuaca yang sekarang sudah masuk musim hujan. Bisa juga kendala dari transportasi pada saat pengiriman komoditas sehingga mempengaruhi harga,” jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya menilai perubahan harga tersebut masih dalam batas wajar. Pihaknya juga setiap hari memantau perkembangan harga seluruh bahan pokok di pasaran. “Setiap hari ada petugas kami yang memantau harga sembako di pasar juga memastikan persediaan barang,” pungkasnya. (tom/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU