Warga 2 Perumahan di Kota Pasuruan Ini Keluhkan Aliran PDAM Mampet

PURWOREJO, Radar Bromo – Warga Perumahan Taman Asri, Kelurahan Tembokrejo, Kecamatan Purworejo dan Perumahan Bugul Permai, Kelurahan/ Kecamatan Bugul Kidul dua bulan terakhir dibuat tidak nyaman. Sebab, air PDAM di dua perumahan tersebut sering mampet pada pagi dan siang hari.

Kondisi ini membuat mereka kesulitan saat hendak mandi atau memasak. Hal itu seperti yang diutarakan oleh Maryana, salah seorang warga di Perumahan Taman Asri.

Ia mengungkapkan air PDAM di daerahnya mampet sejak awal Juni lalu. Alhasil, saat pagi dan siang hari, air yang keluar sangat kecil sekali, bahkan digunakan untuk kebutuhan berwudhu saat menunaikan ibadah salat pun sulit. Pasalnya air yang keluar seperti tetesan air.

“Kalau yang punya tandon mungkin tidak masalah, cuma kalau warga yang mengandalkan PDAM ya bingung. Ini sudah dua bulan terakhir kondisinya seperti ini. Padahal air kan kebutuhan sehari hari,” gerutu Maryana.

Kondisi serupa juga dikeluhkan oleh Yuyut, warga Perumahan Bugul Permai. Warga sekitar sempat menyampaikan hal ini pada PDAM jika nyala air di tempat mereka tidak normal. Namun hingga kini masih belum ada perubahan.

“Kejadian ini sudah seringkali terjadi. Warga sudah bolak balik bilang ke PDAM dan mengeluhkan hal ini. Kejadian saat ini juga sudah disampaikan bulan lalu. Cuma sampai saat ini tetap tidak berubah,”jelas Yuyut.

Sementara itu, Direktur PDAM Kota Pasuruan, Robert Balbut menerangkan, pihaknya belum mengetahui penyebab air PDAM mampet saat pagi dan siang hari. Namun ia memprediksi di dua lokasi tersebut ada hambatan.

Saat ini, tim teknis PDAM disebutkan masih mencari penyebabnya. “Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh warga selama dua bulan ini. Saat ini masih direncanakan untuk material dan peralatan yang dibutuhkan. Kami akan segera meng agendakan perbaikannya setelah ijin dari dinas perizinan turun,”terangnya. (riz/mie)