Radar Bromo

Sudah Ratusan Reklame di Kota Pasuruan Dilepas Satpol PP, Di Antaranya di Lokasi Ini

PURWOREJO, Radar Bromo – Banyaknya reklame di Kota Pasuruan yang sudah melampaui masa izin, mengundang perhatian Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat. Tak sedikit reklame yang masih terpasang walau pun masa izinnya sudah habis.

Plt Kepala Satpol PP Kota Pasuruan Yanuar Afriansyah mengatakan, reklame yang masa izinnya sudah habis memang harus dilepas. Akan tetapi, sebagian besar pemasang reklame tetap membiarkan reklame di tempat meski masa izinnya sudah habis.

Karena itu, Satpol PP melakukan penertiban terhadap reklame yang masa izinnya habis. Sebab, pemasangan reklame selama ini memang harus sesuai dengan mekanisme perizinan. “Makanya setiap kali patroli kami lakukan pemantauan terhadap reklame yang tidak sesuai ketentuan,” katanya.

Ratusan reklame akhirnya berhasil dilepas dalam penyisiran yang dilakukan beberapa waktu lalu. Totalnya mencapai 113 buah. Seluruhnya didapat dari berbagai tempat. Yang paling banyak ialah di Perempatan Kebonagung. Jumlahnya mencapai 44 reklame.

Sedangkan yang lain ditertibkan dari Jalan Ki Hajar Dewantara, Jalan Gajahmada, Jalan Panglima Sudirman, dan beberapa kawasan lain. Yanuar menyebut, sebagian besar reklame yang dilepas itu karena sudah kedaluwarsa.

Namun tidak sedikit pula reklame yang dipasang tak mematuhi ketentuan. Sehingga Satpol PP harus melepasnya lantaran melanggar peraturan. “Seperti dipasang di tiang PJU maupun dipaku di pohon,” tandasnya. (tom/fun)