PT TSPM (KT&G) Serahkan Bantuan Alat Tes Swab Covid-19

PASURUAN, Radar Bromo – Bantuan sosial penanganan dan pencegahan Coronavirus Disease (Covid-19) terus mengalir. Kepedulian kali ini datang dari sektor swasta, yakni PT Tri Sakti Purwosari Makmur (TSPM). Perusahaan yang berlokasi di Kecamatan Purwosari itu, baru-baru ini memberikan bantuan alat tes swab.

Bantuan tersebut sejalan dengan tanggung jawab sosial korporasi atau biasa disebut corporate social responbility (CSR) yang ada di PT TSPM, yang lebih dikenal dengan nama KT&G. Bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian suatu entitas pada masyarakat dan lingkungan sekitar perusahaan beroperasi.

Donasi alat 1000 reagen PCR swab secara simbolis diserahkan kepada Bupati Pasuruan Jumat (29/5). Bantuan diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT TSPM (KT&G) Mr. Hong Won Tack kepada Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf.

ALAT TES: Alat deteksi Covid-19 juga diserahkan langsung ke RSUD Bangil. (Foto: Istimewa)

 

Bupati Irsyad Yusuf dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kepedulian PT TSPM (KT&G), di tengah kondisi pandemi covid saat ini. Bupati juga berpesan agar perusahaan aktif bekerja sama dengan masyarakat sekitar dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Sejalan dengan program Pemkab Pasuruan ‘Desa Kebal (Keluarga Berdaya Lawan) Covid-19’ kami harap perusahaan bisa merangkul masyarakat sekitar. Utamanya dalam penanganan aspek medis dan ketahanan sosial ekonomi yang ditekankan pada masyarakat,” kata Irsyad Yusuf.

Sebelumnya, tim CSR PT TSPM (KT&G) juga memberikan bantuan berupa 5 unit fasilitas cuci tangan kepada Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Pasuruan. Sedangkan di sisi internal, perusahaan berinisiatif melakukan rapid test secara mandiri kepada seluruh karyawannya yang kurang lebih berjumlah 800 orang.

Rapid test dilakukan 2 kali dalam satu bulan. Periode pertama rapid test dilakukan pada Minggu (10/5) dan periode kedua dilakukan pada Kamis (21/5). Hal ini bertujuan untuk pencegahan dan pemantauan terhadap kesehatan karyawan dan juga sebagai bentuk kepedulian terhadap karyawan di tengah pandemi Covid-19.

Sementara terkait kerja sama dengan masyarakat sekitar, PT TSPM (KT&G) telah proaktif menjalankan beberapa kegiatan CSR yang berkolaborasi dengan Organisasi Karang Taruna Bima Sakti Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Kolaborasi tersebut sudah terjalin dengan baik sejak sebelum adanya wabah Covid-19. (unt/adv)