alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Stok Blangko E-KTP di Kab Pasuruan Dapat Tambahan 20 Ribu

BANGIL, Radar Bromo – Ini kabar gembira bagi warga Kabupaten Pasuruan yang hendak mengurus KTP elektronik (e-KTP). Sebab, stok blangko e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) setempat kini mencukupi diprediksi hingga akhir tahun.

Hal itu seiring dengan adanya tambahan stok blangko e-KTP yang didapat dari pusat. Tambahan blangko e-KTP dari pusat itu mencapai 20 ribu keping.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan Yudha Triwidya Sasongko mengatakan, di akhir November lalu stok blangko e-KTP sempat menipis. Dari situ, Dispendukcapil setempat kembali mengajukan stok blangko e-KTP ke pusat.

Dispendukcapil pun mengirim langsung petugas ke Jakarta agar kuota blangko bisa langsung dibawa. “Setelah pengajuan, stok blangko bisa langsung dibawa. Untuk stok kuota ada 20 ribu keping,” terang Yudha.

Tercatat saat ini, stok blangko eKTP sudah kurang lebih ada 20 ribuan. Dari jumlah tersebut dipastikan masih aman sampai akhir tahun nanti.

Namun Yudha menjelaskan, sebelum akhir tahun, tetap akan mengajukan tambahan blangko lagi. Ini agar saat awal tahun atau Januari mendatang stok blangko bisa terjaga.

“Ini lantaran saat awal tahun biasanya untuk perjalanan dinas (untuk mengambil langsung blangko) masih sulit dilakukan. Sehingga, kami upayakan bisa dilakukan di akhir Desember ini stok eKTP awal tahun depan,” beber Yudha.

Dengan proaktif mengambil langsung stok blangko ke pusat, hal itu disebutkan membuat tidak sampai ada kekosongan stok blangko.

Untuk pengajuan e-KTP di Kabupaten Pasuruan sendiri, rata-rata per hari mencapai 600-an permintaan. Jumlah ini dikatakan tetap stabil lantaran masyarakat banyak yang memanfaatkan layanan online. (eka/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU