alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Kembali Kerek PAD Wisata Kab Pasuruan Tahun Depan

BANGIL, Radar Bromo – Target Pemkab Pasuruan untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor wisata tahun ini, cukup seret. Hingga sejauh ini, target itu belum terealisasi. Meski begitu, hal itu tak serta merta membuat upaya untuk mendongkrak sektor wisata mengendur.

Buktinya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan menargetkan pendapatan tinggi dari sektor wisata tahun depan. Yakni, naik lipat dua dibandingkan tahun 2020, setelah adanya evaluasi pandemi.

Sekretaris Disparbud Kabupaten Pasuruan, Gunawan Wicaksono mengungkapkan, perolehan PAD dari sektor wisata tahun ini, ditargetkan menembus Rp 500 juta. Jumlah itu memang menurun dibandingkan proyeksi awal, yang mencapai Rp 1 miliar.

Evaluasi target itu tak lepas dari pandemi Covid-19 yang membuat sektor wisata sempat mati suri. PAD dari sektor wisata

diturunkan hingga 50 persen. Meski begitu, penurunan tersebut tak serta merta membuat perolehan PAD mampu tercapai dengan sempurna.

Buktinya, hingga saat ini, dari Rp 500 juta yang dikejar, baru terealisasi 50 persen. “Kami masih berusaha untuk mengejar target. Sejauh ini, baru Rp 250 juta hingga Rp 300 juta yang terealisasi,” bebernya.

Meski begitu, pihaknya tak mengendurkan target pendapatan untuk tahun depan. Bahkan, diproyeksikan bisa kembali seperti semula. Mencapai Rp 1 miliar.

Tiga tempat wisata masih jadi andalan sarana untuk mengeruk PAD. Selain pemandian alam Banyubiru, ada Ranu Grati hingga kawasan Gunung Bromo. “Kami memang mengandalkan tiga sektor wisata tersebut,” jelas Gunawan.

Memang, hal itu tidak akan mudah. Namun, bukan berarti hal yang mustahil untuk mewujudkannya. Upaya untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat, bakal dilakukan. Sehingga, masyarakat tidak takut untuk berwisata ke tiga tempat tersebut.

“Tidak mudah memang. Karena, masyarakat masih banyak yang takut untuk berwisata. Tapi, kami akan berusaha. Sehingga, pendapatan daerah bisa terdongkrak seperti semula,” ulasnya. (one/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU