alexametrics
29C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Dua Warga Tongas Ditangkap usai Curi Motor di Kraton

KRATON, Radar Bromo – Solihin digebuki warga, sementara rekannya Muhammad Reyhan, sempat melarikan diri sebelum akhirnya tertangkap. Dua warga Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo itu, kepergok mencuri motor di Desa Plinggisan, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, kemarin (02/12).

Yang jadi sasaran yaitu motor milik Cici, warga Desa Plinggisan, Kraton. Peristiwa ini diketahui terjadi sekitar pukul 13.00. Siang itu, kedua pelaku tiba di depan rumah korban yang seorang penjual gorengan. Mereka berboncengan naik motor Honda Beat. Solihin menyetir, sementara Reyhan dibonceng.

Korban sendiri, sedang libur jualan siang itu. Dia istirahat di dalam rumahnya. Sementara motor Honda Beat tahun 2020 miliknya, diparkir di halaman rumah.

Kondisi sekitar sedang sepi saat itu. Rupanya, kondisi yang sepi ini dimanfaatkan oleh kedua pelaku. Kedua pelaku langsung mencuri motor Honda Beat milik korban.

Solihin turun dari motornya dan masuk ke halaman rumah korban. Sedangkan Reyhan tetap di atas motor, mengawasi kondisi sekitar.

Usai memastikan kondisi aman, Solihin merusak kontak korban dengan kunci T. Selanjutnya, dia mendorong motor korban keluar halaman dan mengendarainya.

Nahas, rupanya aksi mereka saat itu dipergoki seorang warga sekitar. Warga itupun sontak berteriak maling. Maling, maling!

Terkejur diteriaki maling, Solihin langsung melarikan diri ke arah utara dengan menaiki motor korban. Namun, dia jatuh di depan Balai Desa Plinggisan.

Warga sekitar yang mengetahui langsung mengejar. Dan begitu Solihin jatuh, warga langsung menangkapnya. Solihin pun sempat dimassa oleh warga yang naik pitam. Untung anggota Polsek Kraton cepat tiba di lokasi dan langsung mengamankan Solihin.

Sementara itu rekan Solihin, yaitu Reyhan lari ke arah selatan dengan menaiki motor yang dibawanya. Namun, anggota Polsek Kraton langsung mengejarnya hingga Rehyan tertangkap.

“Ada warga yang melihat perbuatan keduanya. Satu orang ini bertindak mengambil motor, sementara satu lainnya mengawasi dari luar. Yang membawa motor korban ini sempat terjatuh, mungkin karena panik,”ungkap salah satu saksi, Sariono.

Kapolsek Kraton, AKP Teguh Taviyarno membenarkan aksi pencurian di Desa Plinggisan. Saat ini, kedua pelaku sudah diamankan di Mapolsek Kraton.

“Aksi keduanya masih kami dalami. Termasuk lokasi lainnya yang pernah jadi sasaran keduanya saat sedang beraksi. Namun, yang jelas mereka ini bukan warga sekitar, tapi warga Probolinggo,” terangnya.

Teguh melanjutkan, aksi pencurian keduanya berhasil digagalkan karena diketahui oleh warga sekitar. “Kami masih mendalami modus yang dilakukan mereka, termasuk jumlah TKP. Apa sebelumnya pernah melakukan aksi serupa,” sebut Teguh. (riz/hn/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU