Gelar Program SEBAR 2020, PHBI Gandeng CSR Sampoerna Sukorejo Plant

PANDAAN, Radar Bromo – PT HM Sampoerna TBK kembali menggelar CSR. Dalam momen Idul Adha 1441 H, wujud nyata kepedulian ditunjukkan perusahaan, karyawan dan rekanan HM Sampoerna (HMS) kepada masyarakat sekitar dengan berpartisipasi dalam kegiatan rutin tahunan Panitia Hari Besar Islam (PHBI).

Di saat situasi pandemi Covid-19, PHBI dan HMS membagikan 48 ekor hewan kurban kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan. Hewan kurban yang dibagikan di seluruh Plant PT HM Sampoerna Tbk adalah 12 ekor sapi dan 36 ekor kambing yang diserahkan oleh masing-masing daerah operasional perusahan. Antara lain Karawang, Pasuruan, Surabaya, Malang dan Probolinggo.

SIMBOLIS: Aji Sumantoro selaku Head of Manufacturing East PT HM Sampoerna Tbk (kiri) menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada H Karyono (kanan) selaku tokoh masyarakat Desa Ngadimulyo. Inset, Kukuh Dwi Kristanto selaku mrg reg. Engag & sust central PT HM Sampoerna Tbk (kanan) menyerahkan secara simbolis fasum kepada H Karyono.

Sukorejo Plant sebagai salah satu pabrik yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan, mendapat alokasi hewan kurban dari perusahaan sebanyak 1 sapi dan 12 ekor kambing. Selain dari Perusahaan, PBHI Sukorejo Plant juga melaksanakan program SEBAR (SEdekah BAReng).

SEBAR merupakan program yang memfasilitasi karyawan serta Vendor rekanan yang ingin bersama-sama bersedekah untuk disalurkan ke warga sekitar dalam bentuk hewan kurban. Tahun ini penyerahan hewan kurban dilaksanakan Kamis (30/7) lalu di Masjid Nurul Kamal, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan.

“Diluar dugaan, tahun ini dimasa pandemi Covid-19 Perolehan hewan kurban dari program SEBAR cukup menggembirakan. Antusias kayawan dan vendor untuk berpartisipasi masih tinggi sehingga dalam waktu yang cukup singkat 2 minggu, bisa terkumpul 4 sapi dan 12 ekor kambing. Sehingga total hewan kurban yang dibagikan Sukorejo Plant sebanyak 5 Sapi dan ekor 24 kambing,” ungkap Kukuh Dwi Kristanto, mrg reg. Engag & sust central PT HM Sampoerna Tbk.

KEBERSAMAAN: Perwakilan perusahaan, vendor rekanan, karyawan, tokoh masyarakat dan warga setempat, foto bersama dengan tetap mematuhi protokol kesehatan usai penyerahan hewan kurban.

Tercatat ada 10 vendor rekanan yang turut serta dalam program SEBAR tahun ini. Diantaranya, Sumber Rejeki, Abhirama, ISS, G4S, Smartnet, LSA, Bina Pertiwi, Koperasi Sampoerna (Kopkar), Yuana Karya dan IMM.

“Istimewanya lagi, di tahun ini selain penyerahan hewan qurban, CSR Sampoerna juga membangun Fasilitas Umum (Fasum) berupa kanopi, sumur bor dan tandon untuk warga sekitar di Desa Ngadimulyo agar memudahkan warga dalam mendapatkan pasokan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” sambung Aji Sumantoro

Penyerahan hewan kurban dan fasum dari Perwakilan Management dan Ketua PHBI ke tokoh masyarakat juga dilakukan secara khusus sesuai protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak. Hewan kurban yang didistribusikan juga sudah dipastikan dalam kondisi sehat oleh pihak yang berwenang.

Tokoh masyarakat H Karyono sebagai salah satu perwakilan warga sekitar turut menyambut gembira dengan adanya program SEBAR ini. Program ini banyak memberikan manfaat positif secara langsung yang bisa dirasakan oleh warga di lingkungan sekitar perusahaan. (mut/adv)