Banyak Penumpang di Terminal Unsuir yang Sudah Patuh Selama Operasi

BUGULKIDUL, Radar Bromo– Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim terus berupaya agar masyarakat selalu mematuhi protokoler kesehatan. Salah satunya dengan rutin menggalakkan operasi di Terminal Untung Suropati (Unsur) Kota Pasuruan pada bus antar kota dalam provinsi (AKDP) yang datang ke terminal ini.

Pengawas Angkutan Jalan dan Terminal pada UPT LLAJ Probolinggo Dishub Jatim, Yulianto mengungkapkan, pihaknya melihat masyarakat sudah mematuhi protokoler kesehatan. Ini dibuktikan dengan operasi yang digiatkan oleh Dishub Jatim selama dua pekan terakhir.

Dari operasi ini, pihaknya melihat penumpang dan pengemudi bus AKDP selalu menggunakan masker. Bus juga sudah mulai memberlakukan physical distancing dengan memberikan jarak aman pada bangku penumpang antara satu sama lain. Dan selama ini, aturan ini sudah berjalan dengan baik. Kondisi ini juga dimudahkan dengan jumlah penumpang yang tidak pernah penuh.

“Kalau soal pembatasan dan protokoler kesehatan rata rata sudah paham dan mengikuti. Termasuk pelaksanaan maksimal penumpang cuma 50 persen dari kapasitas tidak terlalu susah karena memang sering sepi,” ungkapnya.

Meski begitu, Dihub akan tetap menggiatkan operasi dan pemantauan pada AKDP yang masuk terminal. Ini tujuannya untuk mendukung konsep pemerintah menuju new normal. Termasuk penyemprotan pada armada AKDP juga masih dilakukan secara rutin.

“Tidak ada pelenturan kebijakan. Meski kami lihat pelaksanaannya sudah bagus, namun pemantauan rutin kami lakukan. Penyemprotan dengan disenfektan pada armada bus juga selalu kami laksanakan pada bus yang masuk terminal,”sebut Yulianto. (riz/fun)