Anggaran Pelatihan Wirausaha Sama Persis dengan Tahun Lalu

PURWOREJO-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pasuruan terus berupaya menambah skill yang dimiliki oleh masyarakat yang menajdi wirausaha. Untuk itu Disnaker mengalokasikan Rp 125 juta untuk pelatihan wirausaha.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pasuruan, Mahbub Effendi mengungkapkan, pihaknya kembali melakukan pelatihan wirausaha tahun ini. Total alokasi anggaran yang disiapkan tahun ini sama seperti tahun lalu. Yakni Rp 125 juta dari APBD 2020. “Anggaran ini untuk pengembangan wirausaha baru di Kota Pasuruan,” ungkapnya.

Mahbub menjelaskan, pelatihan ini menyasar pada  masyarakat memiliki usaha secara mandiri dan baru merintis. Pelatihan yang diberikan beragam mulai dari cara mengelola keuangan, teknik pemasaran hingga teknik multi level marketing (MLM).

Untuk dapat mengikuti pelatihan ini, masyarakat tidak dipungut biaya atau gratis. Namun, mereka harus  memiliki usaha serta mereka merupakan warga Kota Pasuruan. Pelatihan sendiri diberikan selama satu minggu penuh.

Menurutnya, pelatihan ini diharapkan dapat mencetak kader wirausahawan yang berhasil. Tujuannya, untuk menciptakan lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran di Kota Pasuruan. “Persyaratannya sendiri sama dengan tahun lalu. Tentu harus masyarakat kota pasuruan yang memiliki usaha mandiri dan baru merintis,”terang Mahbub. (riz/fun)