Siapkan 4 Lokasi untuk Pelatihan Prakerja di Kab Pasuruan, Ini Rinciannya

PASURUAN, Radar Bromo – Kendati ada pandemi wabah Covid-19 ini, program pelatihan prakerja masih dilakukan secara online. Di Kabupaten Pasuruan sudah ada 4 lokasi yang ditunjuk sebagai lokasi pelatihan prakerja. Saat ini masih proses persiapan dan administrasi dan pelatihan bakal dimulai jika situasi wabah korona sudah mereda.

Tri Agus Budiharto, kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pasuruan melalui Suhartana, kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja mengatakan, Disnaker terus mendampingi pencari kerja (pencaker) yang mendaftar kartu prakerja program pemerintah.“Kalau yang ada datang ke kantor Disnaker untuk pendampingan kami layani. Kendati pendaftaran prakerja sendiri memang bisa dilakukan mandiri secara online,” terangnya.

Pekan lalu, pendaftaran kartu prakerja sendiri sudah tahap gelombang kedua. Karena langsung secara online, Disnaker memang tidak mengetahui berapa jumlah pencari kerja di Kabupaten Pasuruan yang mendaftar. Apalagi, online secara nasional.

Saat ini untuk pelatihan memang masih dilakukan secara online. Namun, dari Kementerian Tenaga Kerja sudah menunjuk 5 lokasi di Pasuruan, dimana 4 lokasi ada di Kabupaten Pasuruan. Untuk di Kabupaten Pasuruan yaitu di UPT Latihan Kerja Daerah (LKD) Disnaker atau BLK Rejoso, UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Pandaan, BLK SMK Prestasi Purwodadi, dan BLKLN Prima Duta Sejati (PDS) Gempol.

“Saat ini masih tahap persiapan administrasi untuk pelatihan prakerja. Yang ditunjuk dari pusat untuk di Kabupaten Pasuruan ada 4 lokasi tersebut,” terangnya. (eka/fun)