Pengadaan 500 e-Book Ditargetkan di Triwulan Ketiga, Anggarannya Segini

PURWOREJO, Radar Bromo– Rencana Pemkot Pasuruan untuk melakukan pengadaan  ratusan Electronic Book (e-Book) bagi warga Kota Pasuruan terus dimatangkan. Penyediaan e-Book ini ditarget bisa dilakukan pada triwulan ketiga tahun ini.

Kabid Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kota Pasuruan Hermin Sulistyawati mengungkapkan pengadaan e-book baru tahun ini masih berlanjut. Pengadaanya akan dilakukan lewat penunjukan langsung oleh pihak ketiga karena anggarannya hanya  Rp 25 juta tahun ini.

“Pengadaan tetap dilakukan tahun ini. Karena anggarannya dibawah Rp 200 juta maka dilakukan penunjukan langsung. Aggarannya naik dua kali lipat dibandingkan tahun lalu Rp 12,5 juta,”ungkapnya.

Hermin menjelaskan, anggaran tersebut diperuntukkan untuk pengadaan 500 judul buku. Ratusan e-Book ini terdiri dari bermacam jenis. Mulai dari fiksi seperti novel, cerpen dan puisi hingga non fiksi mulai dari sejarah, ilmu pengetahuan dan ilmiah.

Pengadaan tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 200 buku. Ini bertujuan agar plihan bacaan literasi yang bisa bagi masyarakat Kota Pasuruan beragam. Tidak hanya buku cetak, namun mereka juga bisa membaca secara elektronik dengan smartphone.

e-Book ini nantinya hanya bisa dibaca oleh masyarakat Kota Pasuruan yang sudah tergabung dalam anggota Perpustakaan Daerah di Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo. Mereka yang ingin membaca  e-Book ini bisa mendaftar lebih dulu ke bagian lobi Perpusda. Nanti pendaftar mendapat user ID dan password. Password ini bisa digunakan untuk mengunduh e-Book pilihan yang ingin dibaca.

Menurutnya, pengadaan ini bukannya tanpa alasan. Sebab, pihaknya menilai e-Book ini lebih praktis karena bisa dibaca kapan saja dan dimana saja tanpa harus membawa buku cetaknya. Pembaca hanya cukup bermodalkan smartphone saja.

“Kami targetkan pengadaan ebook ini bisa dilakukan pada triwulan ketiga tahun ini. Anggota perpusda bisa membaca lewat smartphone,”terang Hermin. (riz/fun)