alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Pekan Ini KPU Distribusikan APD-Logistik Pilwali

PURWOREJO, Radar Bromo – Persiapan menyambut agenda Pilwali Pasuruan pada 9 Desember mendatang terus dimatangkan. KPU Kota Pasuruan menyebut distribusi logistik dan alat perlindungan diri (APD) akan dilakukan mulai pekan ini ke tiap kelurahan.

Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari mengungkapkan, kesiapan untuk kebutuhan pelaksanaan Pilwali sudah 100 persen. Baik itu logistik berupa surat suara, maupun APD yang akan digunakan pemilih dan petugas pengawas selama tahap pencoblosan pada 9 Desember.

Ia menyebut, untuk pilwali tahun ini KPU telah menyiapkan surat suara sebanyak 150.449 lembar. Sementara untuk bilik suara, tidak ada pengadaan. Sebab, bilik suara menggunakan bilik aluminium yang sudah tersedia. Total ada 1.071 bilik yang akan digunakan di 357 tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Pasuruan.

“Logistik sudah tersedia sesuai yang dibutuhkan. Untuk bilik kami memang tidak melakukan pengadaan baru. Setiap TPS nantinya ada tiga bilik,”ungkapnya.

Karena pelaksaan Pilwali tahun ini bersamaan dengan pandemi Covid-19, pihaknya juga telah menyiapkan antisipasi. Masyarakat saat mencoblos nantinya akan dilengkapi dengan sarung tangan, begitu pula petugas pengawas di TPS. Sehingga meminimalisir kontak langsung, mulai berjabat tangan, maupun memegang kertas suara.

Mereka juga diwajibkan mematuhi protokoler kesehatan. Seperti menggunakan masker dan di-thermo gun serta cuci tangan dahulu sebelum masuk areal TPS.

“Pemilih usai mencoblos tidak perlu memasukkan tangan ke tinta, tapi tinta akan diteteskan dengan pipet. Pendistribusian APD akan dilakukan pada 3 Desember sementara kelengkapan TPS pada 7 Desember,” sebut Royce. (riz/hn/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU