96 CPU Sedot Rp 268 Juta untuk Wujudkan Semua SMP Bisa UNBK

BELUM SEMUANYA: Siswa sebuah MTs mengikuti ujian nasional tahun lalu. Agar pelaksanaan semua sekolah bisa UNBK, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan membeli puluhan unit komputer tahun ini. (Dok Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANGGUNGREJO – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Pasuruan terus berupaya agar setiap SMP di dapat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara mandiri. Salah satunya dengan melakukan pengadaan puluhan unit komputer tahun ini.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) pada Dinas P dan K Kota Pasuruan, Supriyadi mengungkapkan pihaknya bakal melakukan pengadaan 96 unit komputer baru. Total anggaran yang disiapkan mencapai Rp 2,68 miliar melalui perubahan APBD (P-APBD) 2018.

CPU ini nantinya bakal diserahkan pada delapan SMP negeri yang belum melakukan UNBK secara mandiri. Sebab pada UNBK 2017 lalu hanya tiga lembaga yang sudah melakukan UNBK secara mandiri. Yakni, SMPN 1, SMPN 4 dan SMPN 6.

“Di Kota Pasuruan itu ada 11 lembaga SMP negeri dan tiga lembaga diantaranya sudah melaksanakan UNBK secara mandiri,” katanya.

Supriyadi menjelaskan delapan SMPN lainnya ini melaksanakan UNBK 2017 lalu dengan meminjam fasilitas di SMKN di Kota Pasuruan. Ia lantas menyontohkan SMPN 5 dan SMPN 8 yang harus meminjam fasilitas pada SMKN 2 karena jumlah komputer tidak ideal.

“Insya Allah, jika pengadaan ini rampung, kami akan langsung serahkan pada delapan lembaga tersebut. Jadi UNBK mendatang, mereka bisa melaksanakannya secara mandiri,” ungkap Supriyadi. (riz/fun)