Makin Banyak OPD Dijabat Plt, Pemkab Siapkan Lelang Eselon II

SIAPKAN LELANG JABATAN: Suasana pelantikan Sekda Kabupaten Pasuruan, beberapa waktu lalu. Saat ini, pemkab membutuhkan banyak pejabat eselon II. (Dok. Radar Bromo)

Related Post

PURWOREJO, Radar Bromo – Kebutuhan pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Pasuruan, semakin banyak. Sampai awal bulan ini tercatat butuh 12 pejabat. Karenanya, Pemkab Pasuruan akan segera melakukan lelang jabatan eselon II.

Dari catatan Jawa Pos Radar Bromo, selama setahun terakhir ini semakin banyak pejabat eselon II yang purnatugas. Termasuk bulan kemarin. Sejak 1 Juli, Kepala Bangkesbangpol Zainuddin, pensiun. Pada awal bulan ini, giliran Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Pasuruan Luly Noermadiono.

“Setelah pelantikan sekda (sekretaris daerah), segera tahap berikutnya kami akan lakukan seleksi terbuka untuk lelang eselon II. Hal ini karena melihat masih ada (jabatan) kepala dinas yang kosong dan sementara dirangkap oleh Plt (pelaksana tugas),” ujar Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf.

Irsyad mengatakan, Pemkab Pasuruan memang lebih dulu melakukan lelang terbuka untuk Sekda. Mengingat, jabatan penjabat (Pj) sekda hanya 3 bulan. Setelah sekda definif dilantik akhir Juli kemarin, Pemkab segera mempersiapkan lelang eselon II. “Lelang eselon II akan segera dilaksanakan juga dan prosesnya sama, mulai dari mengusulkan ke Komite ASN dan ke Kepegawaian Provinsi,” ujarnya.

Sejauh ini, tercatat Pemkab Pasuruan butuh minimal 12 orang pejabat eselon II. Kini, ada enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dijabat Plt. Di antaranya, Dinas Pendidikan; Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud); Inspektorat; Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperidag); Dinas Kesehatan; dan Direktur RSUD.

Serta, ada tiga staf ahli yang kosong. Yakni, Staf Ahli Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan; Staf Ahli Bidang Pembangunan; dan Staf Ahli SDM dan Pemasyarakatan. Termasuk tambahan adanya pejabat yang pensiun pada Juli-Agustus. Yakni, Bangkesbangpol dan BKD. Serta, Asisten 1, Anang Saiful Wijaya yang naik menjadi sekda Kabupaten Pasuruan. (eka/rud)