Kampung Religi Kota Pasuruan Tunggu Hasil Lelang

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Rencana Pemkot Pasuruan menuntaskan pembangunan Kampung Religi, bakal terealisasi tahun ini. Kini, pengerjaan proyek lanjutan itu hanya menunggu tahap lelang rampung.

Kabid Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Pasuruan Uung Maf’udi Dja’far mengatakan, pembangunan Kampung Religi masih memungkinkan dikerjakan di sisa tahun anggaran 2020. Hanya saja, proyek lanjutan tahun ini hanya difokuskan di satu lokasi. “Rencana awal ada dua lokasi pembangunan Kampung Religi lanjutan dari tahun kemarin,” ujarnya.

Dua lokasi itu di Kelurahan Kebonsari dan Kelurahan Kandangsapi, Kecamatan Panggungrejo. Uung menjelaskan, pihaknya kini hanya fokus mengenai pembangunan di Kelurahan Kandangsapi karena anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan di Kelurahan Kebonsari direalokasi penanganan Covid-19. “Sekarang rencana pembangunan Kampung Religi di Kandangsapi sudah masuk tahap lelang,” ungkapnya.

Pihaknya berharap proses lelang bisa berjalan baik, sehingga proyek ini bisa direalisasikan setelah adanya pemenang lelang. Dalam pronyek ini, Pemkot mengalokasikan anggaran Rp 478 juta. “Dengan anggaran itu, ada beberapa pekerjaan yang perlu dituntaskan, melanjutkan apa yang telah dibangun tahun kemarin,” terangnya.

Di antaranya, seperti menambah lampu penerangan jalan lingkungan. Juga mempercantik kawasan dengan taman serta gapura selamat datang. “Kami berupaya menonjolkan ikon wisata religi makam Kiai Hamid. Sehingga, keberadaan Kampung Religi nanti juga diharapkan bisa menunjang akses pengunjung yang berjalan dari terminal wisata,” jelasnya. (tom/rud)