Hibah Bibit Jagung dari Pusat untuk Kab Pasuruan Melesat

BANGIL, Radar Bromo – Produksi jagung di Kabupaten Pasuruan kembali dapat suntikan dari pusat. Saat ini kementerian pertanian telah memberikan bantuan hibah bibit jagung seluas 3.560 hektare. Bantuan bibit jagung ini untuk musim tanam April –Mei lalu.

“Dengan adanya pandemi Covid-19, diharapkan produksi jagung tidak berpengaruh dan panen tetap tinggi,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Yetti Purwaningsih.

Sampai kuartal pertama tahun ini, Kabupaten Pasuruan sudah mendapatkan distribusi hibah bibit jagung seluas 3.560 hektare. Kebutuhan 1 hektare sebanyak 15 kilogram bibit jagung. Distribusi jagung ini disebar di 15 Kecamatan penghasil jagung di Kabupaten Pasuruan.

Hibah atau bantuan bibit jagung tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2019 lalu. Tahun lalu bantuan bibit jagung hanya seluas 1.000 hektare. “Sedangkan di musim tanam pertama ini sudah terdistribusikan 3.560 hektare. Sehingga, kuota bantuan bibit jagung yang diberikan pusat meningkat,” jelasnya.

Namun, dari kuota awal tahun lalu, informasinya Kabupaten Pasuruan mendapatkan kuota hingga 10 ribu hektare bibit jagung di tahun 2020 ini. Namun, kepastikan apakah kuota tersebut diberikan semua, masih menunggu informasi lebih lanjut lantaran banyak anggaran yang di-refocusing.

Tahun ini, Dinas Pertanian menargetkan hasil produksi jagung bisa mencapai 388 ribu ton. Jumlah ini sama dengan realisasi produksi jagung tahun 2019 lalu. Tren produksi jagung sendiri terus ada peningkatan dari tahun ke tahun (selengkapnya lihat infografis). (eka/mie)