alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Tahap Awal Penjurian Kampung Hebat Sudah Ketat

PASURUAN,Radar Bromo – Pendaftaran peserta Anugerah Kampung Hebat sudah ditutup 28 November lalu. Senin (30/11) tahapan dilanjutkan dengan penjurian administrasi. Selanjutnya akan dipilih nominator terbaik untuk melakukan presentasi dan kunjungan lapangan.

Penjurian administrasi dilaksanakan di Kantor Radar Bromo Pasuruan. Ada 5 dewan juri yaitu Imam Mahdi dan Nikmah Hayati dari Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Pasuruan; Nurul Aulia Rahmah dari Dinas Kesehatan Kota Pasuruan; Fitri Kurnia Faizah dari Dinas Perkim Kota Pasuruan dan Muhammad Rifa’i dari Pegiat Lingkungan.

Dalam penjurian administrasi lewat proposal dan video yang dikirim oleh peserta, dewan juri harus cermat mengamati seluruh program kerja dan inovasi yang dilakukan RT. Termasuk unsur penilaian sesuai tema penanggulangan Covid-19 yakni kelengkapan protokol kesehatan di kampungnya.

Muhammad Rifa’i dewan juri dari Pegiat lingkungan mengatakan, seluruh peserta yang masuk semuanya sudah memenuhi terkait kegiatan kebersihan lingkungan, inovasi yang dilakukan sampai tambahan tahun ini yaitu pengendalian covid-19. “Memang penjurian cukup ketat, dan beberapa tim yang masuk kami harus seleksi. Terutama yang berkaitan dengan tema yang diambil yaitu Kampung Hebat dalam menghadapi Covid-19,” terangnya.

Juri mengharapkan setelah ada nominasi yang ditetapkan dilanjutkan dengan presentasi dan kunjungan lapangan. Nantinya saat kunjungan lapangan, warga diimbau tidak perlu ada kerumunan. Penerimaan dewan juri juga tidak perlu berlebihan.

Nikmah Hayati, Kabid Kebersihan DLHKP Kota Pasuruan melihat, motivasi warga masyarakat Kota Pasuruan untuk menjaga lingkungan bersih dan asri sangat terlihat. Apalagi dengan adanya program rutin Kampung Hebat yang digelar tiap tahun.

“Kampung Hebat ini menjadi salah satu gengsi, sehingga warga yang menjaga lingkungan merasa diapresiasi,” ujarnya.

Dari apresiasi lewat Anugerah Kampung Hebat ini menjadi warga untuk terus menjaga lingkungannya. Hal ini terlihat dari RT-RT di Kota Pasuruan sudah konsisten berbudaya hidup bersih dan sehat.

Setelah dipilih nominasi, nantinya presentasi akan dilaksanakan pada Kamis, 3 Desember di Kantor Radar Bromo Pasuruan. Sedangkan jadwal kunjungan lapangan dijadwalkan pada Jumat dan Sabtu pada 4-5 Desember mendatang. (eka/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU