alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Stop Pengiriman Air Bersih di Kab Pasuruan

LUMBANG,Radar Bromo – Distribusi air bersih yang rutin dilakukan di 23 desa dari 7 kecamatan di Kabupaten Pasuruan akhirnya dihentikan. Penghentian itu dilakukan lantaran sudah tak ada daerah yang alami kekeringan seiring datangnya penghujan.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan Tectona Jati mengatakan, distribusi air bersih berakhir 28 November lalu. Hal itu sesuai SK darurat kebencanaan kekeringan. “Dari asesmen di lapangan, air sumber (di daerah kekeringan) juga sudah mulai terbentuk,” terangnya.

Menurut Tecto, awal musim penghujan sudah dimulai pada pertengahan November lalu. Namun karena intensitas hujan belum rutin turun, sehingga sumber mata air masih belum terbentuk.

Nah, masuk akhir bulan November, sumber air sudah mulai ada. Termasuk ada masyarakat di daerah kekeringan juga membuat tandon dari air hujan untuk kebutuhan non konsumsi.

Usai menghentikan pengiriman air bersih, BPBD kini fokus menangani bencana yang kerap datang di musim penghujan. Seperti banjir, longsor, angin putin beliung sampai pohon tumbang.

Kendati masih awal musim hujan, bencana banjir, longsor, sampai angin putting beliung juga pohon tumbang sudah beberapa kali terjadi di wilayah setempat.

“Untuk banjir sendiri sudah terjadi awal November kemarin. Longsor kecil sudah beberapa kali terjadi di Tosari termasuk kemarin di Purwosari ada rumah yang terkena angin puting beliung” terangnya.

BPBD sendiri mengimbau masyarakat berhati-hati saat keluar di musim hujan ini. Utamanya saat terjadi hujan deras sampai angin kencang. Karena cuaca ini bisa berpotensi terjadi puting beliung bahkan pohon tumbang yang juga membayakan pengendara. (eka/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU