alexametrics
28C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Pastikan Semua Pedagang Pasar Karangketug Diusulkan Bantuan

GADINGREJO, Radar Bromo – Seluruh pedagang yang terdampak kebakaran di Pasar Karangketug diupayakan mendapatkan bantuan. Hal itu agar mereka bisa menggunakannya sebagai tambahan modal agar bisa kembali berjualan.

Sejauh ini, Pemkot sudah mendata pedagang yang kiosnya terbakar dalam insiden beberapa waktu lalu. Puluhan pedagang yang menempati 82 kios itu kemudian diusulkan untuk mendapatkan bantuan modal.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pasuruan Edy Ana Setyowidodo mengatakan, bantuan itu diupayakan berasal dari program pemerintah pusat. Yaitu Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM). “Sudah kami usulkan ke pemerintah pusat melalui BPUM gelombang kedua,” kata Edy.

Dia menambahkan, bantuan akan langsung dicairkan ke rekening penerima. Akan tetapi pencairan bantuan itu lebih dulu melalui verifikasi data di tingkat Kementerian Koperasi dan UMKM. “Jadi yang kami serahkan ke Kementerian itu data bakal penerima, jenis usaha dan lain-lain,” jelasnya.

Sehingga jika lolos verifikasi, kemungkinan akan dihubungi langsung oleh pihak bank penyalur. Edy juga tak bisa memastikan kapan bantuan itu akan dicairkan. Pihaknya hanya memfasilitasi agar pedagang terdampak kebakaran itu bisa mendapatkan tambahan modal pasca kejadian.

“Sampai akhir bulan ini prosesnya sedang berlangsung. Nanti penyalurannya langsung melalui bank,” jelasnya. Lebih lanjut, dia juga menegaskan BPUM itu hanya diberikan sekali. Besarannya mencapai Rp 2,4 juta untuk setiap penerima. (tom/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU