Revitalisasi Pasar Gondangwetan Masih Proses Review Dokumen

GONDANGWETAN, Radar Bromo – Revitalisasi Pasar Gondangwetan bakal dilanjutkan tahun ini. Namun, rencana revitalisasi itu tak sesuai rencana awal.

Bila awalnya direncanakan revitalisasi itu bakal memanfaatkan APBD dan APBN, maka kali ini hanya memanfaatkan APBN saja. Untuk APBD dipastikan gagal karena terdampak refocusing anggaran penanganan Covid-19.

Untuk revitalisasi pasar setempat, bakal memanfaatkan anggaran sekitar Rp 4 miliar dari APBN. “Revitalisasi pasar daerah tahun ini juga ada di Gondangwetan, yang dibiayai dari APBN. Pengajuan ke pusat sudah tahun lalu. Namun, realisasinya baru tahun ini,” kata Kabid Pasar Disperindag Kabupaten Pasuruan Gatot Sutanto.

Dana itu disebutkan bakal dimanfaatkan untuk revitaliasi 59 los dan 45 kios, serta sejumlah sarpras sarana dan prasarana penunjang lainnya. “Saat ini masih dalam proses review dokumen di pusat, serta beberapa rekomendasi lainnya. Setelah semuanya selesai, baru proses lelang dan lanjut dengan pembangunan fisiknya,” terang Gatot –sapaan akrabnya-.

Revitalisasi Pasar Gondangwetan itu disebutkan cukup penting. Sebab, untuk menunjang pengembangan destinasi wisata Bromo. Mengingat lokasi pasar berada di akses menuju Gunung Bromo. (zal/mie)