Ini Kampung Tangguh di Kota Pasuruan yang Sudah Siapkan Lumbung Pangan

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Menjelang diterapkannya new normal atau tatanan kehidupan baru, Polres Pasuruan Kota mendirikan 10 Kampung Tangguh. Kampung Tangguh ini digunakan untuk menghadapi pandemi Covid-19 dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, seperti tempat isolasi dan lumbung pangan.

Sepuluh Kampung Tangguh Covid-19 ini akan didirikan di 10 titik di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota. Baik di Kota maupun Kabupaten Pasuruan. Di antaranya, di Kecamatan Bugul Kidul di Kota Pasuruan; Kecamatan Kraton, Kecamatan Grati, dan Kecamatan Rejoso di Kabupaten Pasuruan.

KRPL: Perumahan Bugul Permai juga miliki kawasan rumah pangan lestari. (Foto: Istimewa)

 

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander mengatakan, salah satu Kampung Tangguh yang sudah didirikan terletak di RW 6, Perumahan Bugul Permai, Kelurahan/Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan. Kampung ini menjadi percontohan bagi Kampung Tangguh lainnya. Di kampung ini terdapat check point, ruang isolasi, posko, lumbung pangan, hingga taman untuk refreshing.

Semua orang yang akan masuk kampung ini diperiksa dengan ketat dan dimintai identitas seperti KTP. Kampung ini juga menyediakan sembako bagi mereka yang diisolasi karena terpapar Covid-19. Serta, akan menjadi sarana pencegahan penyebaran Covid-19, bencana alam, maupun tindak kriminalitas.

Dony menjelaskan, RW 6 Perumahan Bugul Permai, Kelurahan/Kecamatan Bugul Kidul dipilih sebagai pilot project karena kecakapan dan keinginan dari warganya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sangat tinggi. Karenanya, Polres Pasuruan Kota, Kodim 0819, dan Pemkot Pasuruan memfasilitasi warga mendirikan Kampung Tangguh.

“Ada 10 titik di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota yang akan menjadi Kampung Tangguh. Sebagai percontohan bagi kampung lainnya adalah RW 6, Perumahan Bugul Permai,” ujarnya. (riz/rud/fun)