10 Nominator Terbaik Misi Apik Kota Pasuruan 2020 Diganjar Penghargaan, Bakal Melaju ke Nasional

KE TINGKAT NASIONAL: Para nominator Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik saat menerima penghargaan di di ruang Untung Suropati, Kamis (30/4) pagi. (Foto M Busthomi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANGGUNGREJO, Radar Bromo– Sebanyak 10 inovator terbaik dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Misi Apik) Kota Pasuruan 2020 diganjar penghargaan. Seluruh inovator itu juga akan didaftarkan dalam kompetisi di tingkat nasional.

Penghargaan diberikan oleh Plt Asisten Pemerintahan Kota Pasuruan Rudiyanto dan Kabag Organisasi Kokoh Arie Hidayat di ruang Untung Suropati, kemarin (30/4). Kegiatan yang digelar ditengah pandemi itu tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Sepuluh inovator terbaik itu antara lain UPT Puskesmas Kandangsapi, UPT Puskesmas Karangketug, UPT Puskesmas Kebonagung, dan UPT SDN Krampyangan, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Lalu, UPT SDN Trajeng 1, UPT SMPN 2 Kota Pasuruan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, UPT SMPN 4 Kota Pasuruan, dan UPT SDN Pekuncen.

Plt Asisten Pemerintahan Kota Pasuruan Rudiyanto mengatakan Pemkot Pasuruan terus berusaha menjalin sinergi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat dalam memacu inovasi. Sehingga satu instansi memiliki sedikitnya satu inovasi pelayanan.

“Pemkot Pasuruan juga mencanangkan program Satuin Pelita. Satu inovasi pelayanan per tahun,” tutur Rudi.

Dia juga menegaskan, inovasi pelayanan publik tak semata bersifat formalitas guna mengikuti kompetisi. Melainkan juga harus benar-benar menjadi upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Tujuan kompetisi ini untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana unit pelayanan publik mampu memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat,” ujarnya.

Kabag Organisasi Kokoh Arie Hidayat membeberkan 10 inovator terbaik itu diambil dari 39 peserta Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Misi Apik) 2020. Pihaknya berencana mendaftarkan 10 inovasi tersebut dalam kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat nasional.

“Kami berharap inovasi dari Kota Pasuruan bisa berkompetisi di tingkat nasional dalam meningkatkan pelayanan dan kinerja,” terangnya. (tom/fun)