alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Rem Blong, Truk Nyemplung Parit-Sasak Pagar Pabrik di Pandaan

PANDAAN, Radar BromoGara-gara remb blong, sebuah truk boks bernopol L 8466 UX hilang kendali di jalan Malang-Surabaya, Desa Sumberejo, Pandaan, Senin pagi (30/11). Truk nyemplung parit dan menyeruduk pabrik pagar pabrik PT. Castex.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 07.45. Sebelumnya, truk muat air mineral dalam kemasan (AMDK) itu melaju dari arah selatan atau dari Malang menuju ke Surabaya.

Truk itu dikemudikan Heri, 53, asal Tulangan, Sidoarjo. Saat sampai di lokasi kejadian, di ruas jalan menurun, Heri hilang kendali. Ia lantas banting setir ke kiri. Truknya pun lalu nyemplung parit dan menabrak pagar pabrik.

“Rencana dari Pandaan mau ke Kediri untuk mengirim muatan sekitar 19 ton air mineral kemasan botol. Saat melintas di simpang empat Wunut, kendaraan mau saya kurangi kecepatannya. Ternyata remnya blong. Akhirnya saya banting setir ke kiri, dan jadinya seperti ini,” terang Heri, sang sopir truk saat ditemui di lokasi kejadian.

Sesaat setelah kejadian, ia berhasil keluar dari ruang kemudi. Ia tak mengalami luka parah. Namun, kondisi bodi depan truk alami ringsek. Kaca depan truk juga pecah.

Sementara pagar pabrik roboh mengarah ke barat atau dalam pabrik. “Daripada saya menghantam kendaraan di depan, mending saya banting setir ke kiri. Untung masuk parit, dan bodi kendaraan hanya miring saja karena tertahan pagar,” bebernya.

Usai kejadian, petugas piket dari Unit Lantas Polsek Pandaan tiba di lokasi kejadian. Mendatangi TKP, juga temui sopir truk wing boks sekaligus pulbaket seputar laka lantas yang terjadi.

“Pengakuan sopir, kendaraannya alami rem blong pada saat posisi berada di simpang empat Wunut,” jelas Bripka Heru Susanto, anggota Unit Lantas Polsek Pandaan.

Hingga berita ini ditulis, proses evakuasi masih berjalan. Karena sebelum di derek, isi muatannya harus dipindahkan dulu ke kendaraan lain. (zal/mie)

 

MOST READ

BERITA TERBARU