Satgas Beri Lampu Hijau untuk Tempat Wisata di Kab Pasuruan

BANGIL, Radar Bromo–Setelah mati suri selama pandemi dan saat ini mulai uji coba buka kembali, sejumlah tempat wisata di Kabupaten Pasuruan bakal resmi dibuka kembali. Itu, setelah sejumlah tempat wisata dapat lampu hijau dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat.

Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan Bidang Wisata Dewantoro menjelaskan, tim gugus tugas sudah memperoleh banyak pengajuan dari pelaku usaha di sektor wisata agar bisa buka. Jumlahnya lebih dari 10 sektor wisata.

Beberapa sektor wisata itu juga sudah ditinjau oleh tim gugus tugas. Hasilnya, beberapa di antaranya sudah memenuhi persyaratan untuk bisa dibuka.

“Kami sudah melakukan peninjauan terhadap wahana wisata yang melakukan uji coba. Dari peninjauan itu, beberapa di antaranya sudah memenuhi syarat untuk bisa dibuka,” beber lelaki yang juga menjabat Ketua PN Bangil ini.

Meski tak disebutkan secara rinci, setidaknya ada sejumlah tempat wisata yang telah uji coba dan disebutkan bisa dibuka secara resmi. Seperti TSI II Prigen, Kebun Pak Budi, Kebun Raya Purwodadi, dan beberapa wahana wisata lainnya.

Wahana wisata itu bisa dibuka secara resmi karena mampu menerapkan protokoler kesehatan yang memadai. Seperti pada petugas penjagaannya yang menyediakan sarana protokoler memadai. Baik thermo gun, masker, dan sarana lainnya.

“Beberapa sudah layak untuk dibuka secara resmi karena penerapan protokoler kesehatannya memadai. Tapi, ada pula yang belum memenuhi persyaratan, sehingga belum bisa dibuka secara resmi,” tambahnya.

Rencananya, pembukaan secara resmi wahana wisata yang memenuhi protokoler kesehatan itu bakal diberlakukan pekan ini. Namun, tentu saja peninjauan lanjutan akan dilakukan. Hal ini untuk memastikan penerapan protokol kesehatan itu benar-benar dijalankan. “Kalau tidak, tentu akan ditutup lagi untuk tidak boleh beroperasi,” sambung dia. (one/mie)