alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Perbaikan Rumah Rusak Akibat Puting Beliung Diusulkan Melalui Ini

PURWOSARI, Radar Bromo – Insiden angin puting beliung di Dusun Beji, Desa Sumbersuko, Purwosari, langsung direspons BPBD Kabupaten Pasuruan. Sehari usai bencana, BPBD langsung turun ke lapangan untuk membagikan bantuan terpal. Selain itu untuk mendata dan inventarisasi kerusakan yang ditimbulkan akibat bencana alam ini.

“Bantuan berupa terpal baru bisa kami bagikan ke warga, sehari pasca kejadian. Digunakan sebagai penutup sementara atap rumah yang rusak, dan belum diperbaiki,” kata kepala pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan Tectona Jati.

Hasil inventarisasi di lapangan, untuk atap rumah warga yang rusak, ia sebutkan total ada 11 rumah. Rata-rata mengalami kerusakan sedang, karena bagian atap ambrol akibat terbawa angin. Juga satu ruang kelas bagian atapnya rusak, yakni di SDN Sumbersuko.

Dari kerusakan rumah warga yang terdampak, sebagian sudah diperbaiki. Sisanya belum dan dalam proses perbaikan.

“Perbaikan kerusakan diusulkan melalui Bansos Tidak Terduga (BTT), yakni mereka yang terdampak langsung bencana alam dari APBD. Nanti yang mengusulkan bisa melalui kepala desa maupun camat setempat,” katanya.

Disinggung untuk total kerugian yang ditimbulkan atau terdampak dalam kejadian bencana alam ini, eks Camat Winongan tersebut belum bisa menyebut secara rinci, atau angka globalnya. “Untuk total nominal kerugiannya, maaf belum bisa kami sebut. Masih dihitung oleh tim teknis dari Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Pasuruan dulu,” ujarnya

Seperti diberitakan sebelumnya, angin puting beliung terjadi di kawasan Purwosari, Kamis (26/11) sore lalu. Angin membuat belasan rumah di Dusun Beji, Desa Sumbersuko, rusak. (zal/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU