alexametrics
24C
Probolinggo
Monday, 18 January 2021

Dinilai Kurang Layak, 3 Puskesmas Diusulkan Relokasi

SUKOREJO, Radar BromoTiga puskesmas di wilayah barat Kabupaten Pasuruan dinilai kurang layak lokasinya. Karena itu, DPRD Kabupaten Pasuruan mengusulkan agar tiga puskesmas itu direlokasi saja. Yaitu, Puskesmas Gempol, Sukorejo, dan Purwosari.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Andri Wahyudi menjelaskan, sebenarnya lokasi tiga puskesmas itu sangat strategis. Sebab, berada di tepi jalan nasional.

“Tempat ketiga puskesmas ini sangat strategis. Bangunannya juga masih bagus. Tapi, kondisinya kurang layak. Karena itu, harus direlokasi. Bisa ke tanah aset pemkab atau juga bisa beli,” terangnya.

Puskesmas Gempol dan Sukorejo misalnya, lahan parkirnya sangat terbatas. Baik itu untuk parkir roda dua, maupun roda empat. Bahkan, tempat parkir tidak bisa menampung kendaraan pasien yang berobat, utamanya yang rawat inap.

Bisa saja sebenarnya, lahan parkir diperluas. Namun, hal itu sulit dilakukan. Sebab, lahan yang ada terbatas.

Sedangkan untuk Puskesmas Purwosari, lahan parkir unutk motor dan mobil tersedia. Namun, lokasi puskesmas terlalu berdekatan dengan dua pabrik rokok. Dan setiap saat, bau tembakau tercium hingga ke puskesmas.

“Pasien dan keluarganya tak hanya harus mendapatkan pelayanan yang baik saat berada di puskesmas. Di luar itu, juga harus mendapatkan suasana yang baik,” ucapnya.

Andri pun meminta agar instansi teknis menindaklanjuti usulan DPRD itu dengan turun ke lapangan. Tujuannya, melakukan kajian dan evaluasi atas kondisi puskesmas. Selanjutnya, diputuskan perlu atau tidak direlokasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan Agung Basuki belum bisa dimintai keterangan tentang usulan relokasi tiga puskesmas ini. Wartawan Jawa Pos Radar Bromo sudah mengonfirmasi melalui telepon, namun belum ada jawaban. (zal/hn)

 

 

MOST READ

BERITA TERBARU