Kembali Keluhkan Bau dari Gudang Pengolahan Kulit Udang di Gempol

GEMPOL, Radar Bromo – Warga Dusun Wonoayu, Desa/Kecamatan Gempol, belakangan ini kembali dibuat tak nyaman dengan bau tak sedap. Bau itu bersumber dari gudang pengolahan kulit udang.

Bau tak sedap itu tercium dari Jalan Raya Surabaya-Banyuwangi di Gempol. Sebab, posisi gudang pengolahan kulit udang itu ada di utara jalan raya. Serta, persis di sisi timur kantor desa setempat.

Kades Gempol M. Chamdi pun mengakui kembali menyeruaknya bau tak sedap itu. “Bau tak sedapnya memang seringkali muncul tak terduga. Menyesuaikan arah angin. Beberapa hari terakhir, lebih terasa menyengat ketimbang biasanya,” ungkapnya.

Terkait keluhan bau tak sedap muncul dari gudang pengolahan kulit udang tersebut, pihaknya belum bisa berbuat banyak. Sejauh ini, pemdes baru melaporkan ke Pemerintahan Kecamatan Gempol.

“Kewenangan kami terbatas, teguran juga sudah. Tapi tetap saja. Akhirnya melaporkannya ke Camat Gempol, biar ada tindak lanjut untuk berikutnya,” kata Chamdi –sapaan akrab Kades Gempol-.

Sementara itu, Camat Gempol M. Ridwan membenarkan sudah mendapat laporan dari Kades Gempol terkait bau tak sedap itu. “Pemilik gudang segera kami panggil ke kantor kecamatan dalam waktu dekat. Supaya ada tindak lanjut dengan meminimalisasi munculnya bau tak sedap kerap kali ditimbulkan, sehingga dikeluhkan warga sekitar,” tegasnya. (zal/mie)