Bangun Jembatan Darurat Dulu, Baru Bongkar Jembatan Curah Sawo

JALUR ALTERNATIF: Pekerja mengerjakan jembatan darurat dari bambu di sebelah jembatan lama yang akan dibongkar untuk dibangun ulang di Dusun Betro, Wonosunyo, Gempol, (26/3). (Rizal Syatori/ Radar Bromo)

Related Post

GEMPOL, Radar BromoSudah sekitar sebulan ini akses di Dusun Betro, Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, terganggu. Itu, setelah Jembatan Curah Sawo tergerus longsor.

Nah, dalam waktu dekat ini jembatan setempat bakal segera diperbaiki. Jembatan lama akan dibongkar dan kembali dibangun yang baru.

“Untuk perbaikan permanen jembatannya segera dikerjakan, sebelumnya sudah disurvei oleh tim teknis dan juga BPBD,” terang kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Pasuruan Hanung Widya Sasangka, kemarin.

Namun, sebelum pengerjaan permanen dilakukan, saat ini dibangun jembatan sementara atau jembatan darurat. Jembatan darurat ini terbuat dari bambu dan kayu. Jembatan itu bakal jadi jalur alternatif.

Sebab, jembatan yang lama bakal dibongkar untuk dibangun kembali. “Setelah jembatan alternatif selesai dikerjakan, berikutnya baru start pembangunan jembatan yang permanen,” terang Hanung.

Proyek pembangunan jembatan itu sendiri dianggarkan dari APBD setempat. Tepatnya lewat dana tanggap darurat. “Mengingat,

kerusakan jembatan lama akibat faktor alam,” bebernya. (zal/mie)