alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Usai Ditembok-Pasang Ban di Jurang Ampel, Pengendara Lebih Tenang

PRIGEN,Radar Bromo – Pembangunan pagar pembatas jalan berupa tembok di Jurang Ampel, Desa Lumbangrejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, mendapat respons positif dari warga. Termasuk pula para pengguna jalan. Mereka mengaku lebih tenang ketika melintas di jalan yang cukup curam ini.

“Bagus dan kreatif. Seperti pembatas di sirkuit grand prix atau moto GP. Guardail-nya sudah rusak, bengkok, dan sebagian bahkan lepas. Tepat sekali jika diganti tembok pengaman seperti sekarang. Apalagi di depannya dipasang tumpukan ban,” ujar warga Dusun Sumberwekas, Desa Lumbangrejo, Toni.

Hal senada diutarakan warga Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Dollah. Sopir pikap yang langganan melintas di Jurang Ampel, mengatakan, pengaman jalan harus ekstrakuat. Termasuk keberadaan guardrail.

Namun, di lapangan ketika ada kendaraan yang mengalami rem blong, masih ada saja kendaraan yang tetap nyemplung ke jurang. Seperti truk boks bermuatan susu milik Cimory beberapa bulan lalu.

“Saya sempat berhenti dan melihatnya dari dekat. Tembok pengamannya cukup tebal serta agak tinggi. Ditambah dengan tumpukan ban. Hemat kami lebih safety yang sekarang, ketimbang guardrail sebelumnya,” ujarnya.

Diketahui, tikungan Jurang Ampel, yang selama ini sering makan korban diperbaiki. Guardrail yang sebelunnya terbuat dari baja, kini diganti dengan tembok setebal 50 sentimeter. Selain itu, di depan tembok ini masih dipasang ban bekas mobil untuk menahan benturan kendaraan dengan tembok pengaman. (zal/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU