alexametrics
28C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Proyek Lanjutan TPA Wonokerto Masih Belum Jelas

BANGIL, Radar BromoRefocusing anggaran yang dilakukan Pemkab, membuat rencana pembangunan TPA Wonokerto, Kecamatan Sukorejo, terhambat. Bahkan, hingga saat ini wacana pembangunan TPA itu pun mengambang tanpa kejelasan.

Kepala DLH Kabupaten Pasuruan Heru Ferianto mengatakan, pembangunan TPA Wonokerto masih menunggu ketersediaan anggaran. Pengalihan anggaran yang dilakukan, memang berdampak terhadap kelanjutan program tersebut.

“Kami belum bisa memastikan apakah rencana pembangunan TPA Wonokerto bisa dilanjutkan atau tidak. Yang jelas, kami akan melihat dulu ketersediaan anggaran,” bebernya.

Jika anggaran yang sebelumnya sudah disiapkan itu bisa digunakan, maka kegiatan pembangunan TPA akan segera dilelangnya. Hal ini untuk mengejar waktu yang tersedia. Karena dalam pembangunan TPA Wonokerto, ada banyak hal yang harus dikerjakan.

“Kalau anggarannya memang tersedia, kami akan segera lelang. Sehingga, bisa segera dilaksanakan,” sambungnya.

Menurut Heru, pembangunan infrastruktur TPA Wonokerto sebenarnya sudah dimulai 2019 lalu. Anggaran Rp 5 miliar dari DBHCHT dialokasikan untuk beberapa kegiatan. Selain akses menuju lokasi, juga pembangunan jembatan, IPAL, dan beberapa sarana penunjang lainnya.

Rencananya, tahun ini pembangunan infrastruktur TPA Wonokerto akan dilanjutkan. Dana Rp 17 miliar dialokasikan. Baik pembangunan drainase, pagar, sarana pengolahan lindi sampah, dan berbagai sarana maupun prasarana lain.

Semula, pembangunan TPA Wonokerto bisa dimulai Juni. Namun, imbas refocusing, rencana itu di-pending. Hingga saat ini belum dipastikan apakah bisa dilanjutkan tahun ini atau ditunda hingga tahun depan. (one/mie)

 

MOST READ

BERITA TERBARU