alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Usai Ambruk, Hanya Rehab Satu Kelas SDN Cowek II

PURWODADI, Radar Bromo – Usai insiden atap ambruk, rehab ruang kelas di SDN Cowek II di Dusun Sempu, Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan dipastikan bakal tetap berlanjut. Namun, ada sedikit perubahan dari rencana awal.

Bila awalnya ada dua ruang kelas yang bakal direhab, saat ini rencananya hanya ada satu ruang kelas yang direhab. Yakni ruang kelas III.

Kepastian itu diambil usai pihak Dinas Pendidikan melakukan survei dan evaluasi usai ambruknya atap ruang kelas III SDN Cowek II saat mau direhab.

Sebelum diperbaiki, ruang kelas III dirobohkan dahulu. Baru dibangun ulang. “Rehabnya tetap dilanjut. Hanya difokuskan dan dimaksimalkan untuk ruang kelas III saja. Urung dua kelas. Tentunya dengan anggaran dan pelaksana yang tetap,” tutur Pejabat pelaksana teknis kegiatan Yajid.

Dengan begitu, otomatis anggaran lebih difokuskan dengan menambah kualitas bangunan. Serta mengubah beberapa item pengerjaannya.

Untuk rehabnya sendiri, sebagai pelaksana adalah CV. Waringin Agung. Nilai kontraknya mencapai Rp 185.312.491 dari Perubahan APBD (P-APBD).

Pengerjaan proyeknya memiliki jangka waktu hanya 50 hari saja. Atau sebelum akhir tahun pekerjaan fisiknya harus tuntas 100 persen. “Sudah direvisi dalam perencanaannya. Tentunya lebih kuat serta maksimal, menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia,” jelas Yajid.

Sedangkan untuk ruang kelas IV, V dan VI yang kondisinya juga memprihatinkan, rencananya bakal dibongkar dalam waktu dekat. Namun, pembangunannya belum bisa dilaksanakan tahun ini.

“Tiga ruang kelas lainnya agar tidak membahayakan, bangunannya akan dibongkar secepatnya. Untuk pembangunan ruas kelas barunya, realisasinya diupayakan tahun depan. Bisa dari APBD I, II atau APBN,” terangnya. (zal/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU