alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Bersihkan Sampah Kiriman dari Hulu di Embung Kertosari

PURWOSARI, Radar Bromo – Memasuki penghujan, Embung Kertosari di Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari kerap dapat kiriman sampah dari hulu. Agar tidak menumpuk dan menyumbat saluran air, pembersihan pun harus rutin dilakukan.

Senin (23/11) nampak sejumlah petugas membersihkan sampah dengan cara manual. Enceng gondok, sampah rumah tangga hingga popok pun berhasil diangkat dari embung setempat.

“Sampah kiriman dari hulu sudah menjadi pemandangan umum saat musim penghujan tiba di embung ini. Biar tidak menumpuk dan menyumbat, kami bersihkan secara manual,” beber Samsuri, warga setempat sekaligus petugas jaga Embung Kertosari.

Kalau tidak cepat dibersihkan, sampah bisa menumpuk dan memicu sumbatan aliran air dan memicu penyakit. Embung seluas 2,5 hektare yang sudah beroperasi sejak 2010 lalu itu, memiliki fungsi penting. Yakni mengairi lahan persawahan di sekitarnya kurang lebih hingga 37 hektare.

Banyaknya sampah rumah tangga sendiri cukup disayangkan. Sebab, kesadaran warga untuk tidak membuang sampah ke sungai masih rendah. Pada akhirnya sampah terhenti dan menumpuk di bibir embung ini.

“Masyarakat kurang mempunyai kepedulian terhadap sampah itu sendiri. Harusnya dibuang ke tempat sampah, bukan ke sungai yang ujung-ujungnya terhenti di embung. Menjaga kelestarian alam, termasuk embung merupakan tugas bersama,” jelas Samsuri. (zal/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU