alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Dishub-Satlantas Perlu Koordinasi Rekayasa di Simpang 4 Patung Sapi

PANDAAN, Radar Bromo – Insiden kecelakaan yang terjadi di simpang empat Simpang empat Patung Sapi Pandaan, sudah sering terjadi. Simpang jalan yang berlokasi di Jalan Pattimura dan Gelang tepatnya di Dusun Gelang, Desa Tawangrejo, Kecamatan Pandaan tersebut, kerap disebut simpang maut.

Terakhir, Jumat lalu (20/11) sebuah kontainer muatan air mineral dalam kemasan mengalami rem blong. Sehingga menabrak mobil di depannya dan dua tiang traffic light (TL), di simpang empat tersebut.

“Meskipun sudah ada TL-nya, tiap kali melintas di simpang empat ini pikiran terus waswas. Utamanya kalau berjalan dari arah Malang ke Surabaya. Berhenti saat lampu merah atau jalan terus, kalau berhenti takutnya diseruduk kendaraan dari belakang. Lalinnya perlu dievaluasi, agar lebih aman,” jelas Purnomo, salah seorang pengemudi mobil asal Pandaan.

Terkait ini, Dishub Kabupaten Pasuruan melalui kasi manajemen dan rekayasa Susetyo Dimas membenarkan, kalau lokasi simpang empat tersebut langganan laka lantas. Juga masuk dalam jalur tengkorak yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Saat ini masih belum bisa dilakukan kajian di simpang jalan tersebut. Karena lokasi masuk jalan nasional. Sebab itulah rencana menyangkut evaluasi lalu lintas di sana, belum bisa dilakukan.

“Saat ini, kami belum bisa komentar banyak. Nanti kami laporkan dulu ke kepala dinas maupun kabid. Petunjuknya bagaimana. Selain itu, juga harus koordinasi dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) XI Jatim juga,” katanya.

Secara terpisah, Kasat Lantas Polres Pasuruan AKP. Andika Mizaldy Lubis. Ia katakan untuk rekayasa lalin di simpang empat Patung Sapi. Pihaknya akan membahasnya di forum lalu lintas. Juga koordinasi dengan instansi terkait, serta tokoh-tokoh sekitar.

“Menginggat terdahulu infonya pernah mau dibuat batas, tetapi masyarakat sekitar menolak. Dikarenakan harus memutar dulu dengan jarak agak jauh, dan tak bisa langsung nyeberang. Sambil coba kami cari formula yang tepat,” ungkapnya. (zal/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU