Kebut Pembangunan Cungkup di Reruntuhan Candi Keboireng Ngerong

EKSKAVASI TUNTAS: Kondisi reruntuhan bangunan Candi Kaboireng di Ngerong, Gempol usai dilakukan ekskavasi oleh BPCB Jatim. Untuk melindungi bangunan, di kawasan setempat bakal dilengkapi cungkup. (Rizal Syatori/ Radar Bromo)

Related Post

GEMPOL, Radar Bromo – Proses Ekskavasi Candi Keboireng, di Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, akhirnya tuntas. Ekskavasi yang dilakukan tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim rampung pertengahan pekan lalu.

Selanjutnya, tim arkeolog dari BPCB Jatim kini tengah mengevaluasi dan menilitinya. Sambil menunggu hasil evaluasi dan penelitian rampung, kini pemkab menjaga bangunan setempat usai dilakukan ekskavasi.

Selain itu, juga tengah menyiapkan pembangunan cungkup untuk Candi Keboireng. “Ekskavasinya sudah selesai. Saat ini kondisinya tetap dibiarkan apa adanya dulu. Biar tidak rusak, juga tak tergenang air saat hujan, kami akan bangun cungkup, dialokasikan Rp 35 juta dari APBD,” terang Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan pada Disparbud Kabupaten Pasuruan Ika Ratnawati.

Cungkup itu berupa bangunan beratap yang biasanya dimanfaatkan sebagai pelindung makam. Cungkup yang dibangun tersebut hanya bersifat sementara. Sambil menunggu pembangunan permanen, yang nanti di-handle langsung oleh BPCB Jatim.

Pembangunan cungkup sendiri, disebutkan untuk melindungi bangunan reruntuhan candi itu. “Sudah dikerjakan oleh pihak ketiga. Akhir bulan ini diharapkan tuntas. Sehingga, awal April dapat dipasang sesuai dengan luasan lahan candi. Difungsikan sebagai penutup atap pada candi induk dan sekelilingnya,” kata Ika. (zal/mie)