Anggaran Terbatas, Pemkab Batal Tambah Perpustakaan Umum Tahun Ini

PANDAAN, Radar Bromo – Tahun ini jumlah perpustakaan umum dipastikan belum bertambah lagi. Pasalnya, rencana untuk membangun perpustakaan umum dibatalkan. Keterbatasan anggaran menjadi alasan klise.

Ini, disampaikan langsung kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pasuruan M. Ridwan. “Perpusatakaan umum baru tahun ini nihil, tetap masih berjumlah delapan seperti tahun sebelumnya. Karena terbentur pada keterbatasan anggaran,” kata Ridwan saat dihubungi Jawa Pos Radar Bromo, Selasa pagi (21/1) via telepon.

Karena penambahan perpustakaan baru di tahun sekarang nihil atau tidak ada, sebagai gantinya, fokus pada pengadaan buku-buku baru aneka bacaan. Nantinya didistribusikan ke delapan perputakaan umum yang ada dan beroperasi di delapan kecamatan di kabupaten ini.

“Sejauh ini, untuk sementara kami hanya bisa upayakan pengadaan buku baru saja. Ini merupakan kegiatan rutin tahunan dan nilainya tak terlalu besar meskipun dialokasikan dari APBD,” tutur lelaki yang pernah menjadi Camat Gempol tersebut.

Saat ini di Kabupaten Pasuruan sudah ada delapan perpustakaan umum milik daerah. Kedelapan perpustakaan itu berada di delapan kecamatan berbeda. Antara lain Bangil, Pandaan, Purwosari, dan Tosari. Kemudian Gondangwetan, Nguling, Grati, dan Rembang. (zal/fun)