11 Ruko di Pandaan yang Jadi Aset Pemkab Pasuruan Dieksekusi

PANDAAN, Radar Bromo – Sebanyak 11 ruko di Kecamatan Pandaan yang jadi aset daerah Pemkab Pasuruan, dieksekusi Disperindag Kabupaten Pasuruan. Sembilan di antaranya ruko di samping Terminal Pandaan. Dua lainnya ruko eks BPR di Pasar Senggol atau eks Pasar Lama Pandaan.

“Sebelas ruko ini kami eksekusi dengan pembukaan paksa. Sebab, sudah lama tidak ditempati dan kosong penghuninya. Tapi, oleh penghuni lama pintunya tetap digembok,” ujar Kabid Pengelolaan Pasar Disperindag Kabupaten Pasuruan Gatot Sutanto.

Selama eksekusi berlangsung, prosesnya berjalan lancar. Tak ada perlawanan sama sekali. Sebab, di lapangan eksekusi itu mendapatkan pengawalan Satpol PP, Koramil, Polsek Pandaan, hingga Pemerintah Kelurahan Pandaan dan Petungasri.

“Agenda ini akan berlanjut dengan penagihan serta penertiban yang belum bayar atau ditinggalkan oleh pemilik hak pakai sejak 2013 lalu,” beber Gatot.

Untuk ruko yang telah dieksekusi, akan dimanfaatkan kembali sebagai ruko. Menginggat target di lapangan, keberadaan ruko tersebut hasil sewa yang didapat masuk ke kas daerah sebagai pendapatan asli daerah (PAD). Nilai sewanya sudah ditentukan melalui appraisal.

“Setelah gemboknya dibongkar dan terbuka, diganti gembok baru. Kemudian tempel selebaran aset milik Pemkab Pasuruan. Berikutnya bisa dihuni orang baru, melalui proses sewa,” jelasnya. (zal/mie)