Usai Anak Sungai Wrati, Normalisasi Berlanjut ke Anak Sungai Kebonsari

GEMPOL, Radar Bromo – Setelah bersih-bersih enceng gondong di sepanjang sungai anak sungai Wrati, Desa Legok, Kecamatan Gempol, antisipasi banjir juga dilakukan di sungai lainnya. Jumat (15/11) giliran anak sungai Kebonsari yang dinormalisasi.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo di lapangan, normalisasi itu dilakukan di Dusun Wonoayu, Desa / Kecamatan Gempol. Menggunakan satu alat berat berupa backhoe, normalisasi dilakukan sejak pagi. Adapun normalisasi dilakukan Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan.

“Anak sungai Kebonsari sudah dangkal, dan kalau hujan rawan banjir. Airnya meluber ke sawah dan permukiman warga. Jadi kami normalisasi,” ucap kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Misbah Zunib.

Normalisasi, kat Misbah, direncanakan hingga satu pekan kedepan. Mulai dari Desa Gempol berakhir di Legok, Kecamatan Gempol. Dengan kedalaman sungai 75 centimeter sampai dengan satu meter. Kemudian panjangnya hingga 650 meter. “Paling tidak dengan normalisasi, sungai tak terlalu dangkal. Sehingga pada saat hujan, bisa mengalir lancar airnya dan tak sampai meluber,” tuturnya. (zal/fun)