Labfor Olah TKP Kebakaran Pasar Sukorejo, Api dari Kios Teras BRI

SUKOREJO, Radar Bromo – Tim Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya Rabu (15/7) mendatangi puluhan kios di Pasar Sukorejo yang terbakar. Tim melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) sekitar 3 jam.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, tim labfor itu berjumlah tiga personel. Sebelum lakukan olah TKP, mereka menemui staf pasar dan pedagang penghuni kios yang terbakar.

Proses olah TKP itu sendiri mendapat pengamanan dari Polsek dan Poslantas Sukorejo. Sejumlah staf dari Disperindag setempat juga ikut mendampingi.

Di areal 27 kios yang terbakar itu juga sudah dipasang police line. “Tim labfor dari Polda Jatim sengaja kami datangkan ke Pasar Sukorejo ini untuk melakukan penelusuran dengan olah TKP. Guna mengetahui penyebab utama kebakaran,” jelas Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan.

Jelang Duhur, olah TKP di kios terbakar tuntas dilakukan oleh tim labfor. Bersamaan itu, tim labfor mengamankan sejumlah barang. Mulai dari kabel, abu arang sisa kebakaran, serta beberapa barang lainnya. Semua dimasukkan ke dalam kantong plastik, dengan diberi penanda di masing-masing kantong plastiknya.

“Informasi kami terima dari tim labfor, usai olah TKP selesai, titik apinya dari kios Teras BRI. Setelah itu menjalar ke kios sepeda angin di sebelah baratnya, lanjut ke kios-kios lainnya. Akibat korsleting,” terang perwira polisi dengan dua melati di pundaknya itu.

Namun, Rofiq belum bisa memastikan korsleting itu darimana. “Yang jelas dari kegiatan ini, berikutnya akan diujilabkan oleh tim labfor. Setelah itu, hasilnya diketahui penyebab pastinya (kebakaran). Sekarang masih menunggu hingga beberapa hari dan pekan ke depan,” katanya. (zal/mie)