Anggaran RTH Tahun Ini Kena Refocusing, Lima Titik Batal Dibangun

TAHUN LALU: Taman di kompleks terminal Pandaan yang dibangun DLH di tahun 2019 lalu. Tahun ini dipastikan tak ada penambahan ruang terbuka hijau. (Foto: Rizal F Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANDAAN, Radar Bromo – Tahun ini sejatinya Pemkab Pasuruan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggangarkan sekitar Rp 1 miliar dari APBD. Dana itu mulanya untuk pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) anyar di lima titik, tersebar di empat kecamatan di kabupaten ini.

Taoi karena ada pandemi korona yang berlangsung sampai sekarang, rencana pembangunan RTH anyar di tahun ini ditiadakan. Sebab, anggaran pembangunan RTH ikut dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Hal tersebut disampaikan langsung kepala DLH Kabupaten Pasuruan Heru Farianto. “Dananya direcofusing untuk fokus penanganan korona. Jadi, pembangunan RTH anyar tidak bisa direalisasikan. Ditiadakan di tahun ini,” ujarnya saat dihubungi Jawa Pos Radar Bromo Senin (15/6) via telepon

Apabila masih memungkinkan dan ada peluang, pihaknya mengupayakan lewat P-APBD di tahun yang sama. Sebaliknya jika belum bisa, akan diusulkan kembali realisasi tahun depan imbuhnya.

“Opsinya hanya itu saja. Diupayakan lagi lewat PAPBD atau tahun depannya lagi. Itupun melihat dari kemampuan anggaran yang ada,” tuturnya.

Karena pembangunan RTH anyar ditiadakan di tahun ini, instansinya hanya fokus pada pemeliharaan di semua RTH yang ada. (zal/fun)