Tambah Sarpras Anyar di Situs Raos Pecinan Gempol

LEBIH TERTATA: Kawasan cagar budaya situs Raos Pecinan, di Dusun Raos, Desa Carat, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, telah dilengkapi pagar. (Rizal Fahmi Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GEMPOL, Radar Bromo – Lokasi kawasan cagar budaya situs Raos Pecinan, di Dusun Raos, Desa Carat, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, terus dibenahi. Kini, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCV) Provinsi Jawa Timur membangun sarana prasarana (sarpras) anyar di situs bangunan arca peninggalan Kerajaan Singosari itu.

Kini, kawasan situs dilengkapi dengan pagar dan sebuah pos jaga sebagai tempatnya juru pelihara. Bangunan itu dibuat dari bata dengan ornamen dibentuk seperti tembok pagar zaman kerajaan.

Selain itu, ada pembangunan sumur bor untuk pemenuhan kebutuhan air. Air dari sumber ini nantinya akan digunakan untuk penyiraman tanaman. “Pekerjaan pembangunannya dilakukan sejak dua bulan kemarin. Kini tinggal finishing-nya saja. Pembiayaannya dari BPCB Jatim,” ucap Koordinator BPCB Jatim wilayah Pasuruan Pawiji.

Menurutnya, pembangunan sarpras anyar ini merupakan usulan yang dilakukan sejak lima tahun lalu. Namun, realisasinya baru di tahun ini. Adanya bangunan ini sebagai pembatas, keamanan, serta menambah nilai eksotik situs. “Kalau seperti sekarang perawatan dan pengawasannya lebih enak. Dari luar juga tampak lebih bagus,” ujarnya. (zal/rud)