alexametrics
25C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

TL Simpang Empat Jetak Diflashing, Lalu Lintas Jadi Semrawut

PANDAAN, Radar Bromo – Sekitar satu bulan terakhir, traffic light (TL) di simpang empat Jetak, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, menyala flashing. Padahal, sebelumnya lebih sering normal layaknya TL pada umumnya. Kondisi tersebut dikeluhkan banyak pengguna jalan, khususnya kendaraan yang menyeberang yang dari arah Jetak maupun Dayurejo. Pengendara merasa kesulitan dan arus lalu lintasnya tampak semrawut.

“TL simpang empat ini harusnya beroperasi normal, bukan malah di-flashing. Apalagi sudah sekitar sebulan terakhir. Terkecuali akhir pekan atau weekend kami bisa memakluminya,” kata Tofa, warga Desa Bulukandang, Kecamatan Prigen.

Meskipun di lapangan di simpang empat tersebut tiap harinya ada sukarelawan peduli lalu lintas (Supeltas) yang standby, keberadaannya kurang maksimal. “Lebih baik dioperasionalkan normal saja, daripada di-flashing. Kan sudah ada tol Pandaan–Malang, sehingga ruas jalan nasional tidak seramai dan semacet dulu. Biar tidak malah menjadi semrawut,” tuturnya.

Di sisi lain, Dishub Kabupaten Pasuruan melalui Sugianto selaku staf bidang teknis serta sarpras lalin menyebutkan, flashing saat ini tengah berjalan di lapangan, bukan sepenuhnya keputusan instansinya. Melainkan saran dari Satlantas, khususnya Unit Lantas Polsek Pandaan.

“Pastinya ada pertimbangan tertentu, sehingga untuk saat ini TL-nya di-flashing dulu. Untuk dikembalikan operasional normal seperti semula atau biasanya, akan kami koordinasikan dulu dengan pihak Satlantas,” jelasnya. (zal/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU