Perbaiki Lima Titik Plengsengan di Akses Menuju Bromo via Purwodadi–Nongkojajar

PURWODADI, Radar Bromo – Memasuki musim hujan, sejumlah plengsengan yang rusak di akses jalan menuju wisata Bromo, mulai diperbaiki. Salah satunya di Desa Gerbo, Kecamatan Purwodadi.

Di titik ini, perbaikan dilakukan dengan panjang 32 meter, lebar 40 sentimeter dan tingginya bervariasi. Titik yang diperbaiki tepat di barat jalan.

Perbaikan sendiri dilakukan Pemprov Jawa Timur di jalan provinsi jurusan Purwodadi – Nongkojajar. Jurusan ini merupakan akses jalan menuju wisata Gunung Bromo.

“Perbaikan plengsengan di Gerbo ini sudah berjalan sekitar dua pekan terakhir. Sekarang mulai finishing dan akhir bulan ini harus selesai,” tutur staf teknis Dinas Bina Marga Pemprov Jatim Supridjanto.

Menurutnya, ada lima titik plengsengan yang diperbaiki di jalan provinsi jurusan Purwodadi – Nongkojajar. Targetnya dalam pertengahan tahun ini atau sebelum Lebaran diupayakan tuntas semua.

Perbaikan sendiri, menurutnya, dianggarkan dari APBD Pemprov Jatim. Mengingat, lokasinya berada tepat di tepi jalan provinsi, sekaligus menjadi kewenangan Pemprov Jatim.

“Pelaksanaan pembangunannya dengan sistem swakelola, melibatkan warga sekitar sebagai tenaga kerjanya. Dan dalam realisasi pembangunannya, diawasi oleh konsultan dan tim teknis kami,” katanya. (zal/hn/fun)