alexametrics
29C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Museum Kab Pasuruan Tetap Beroperasi selama PPKM meski Sepi

PANDAAN, Radar Bromo – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai 11-25 Januari ini, tak membuat museum Kabupaten Pasuruan kembali ditutup. Museum yang berada di kawasan area Pasar Wisata Cheng Hoo itu tetap buka.

“Sama dengan tempat wisata yang lain, untuk museum Kabupaten Pasuruan tetap buka seperti biasanya dari pagi sampai sore. Meskipun saat ini ada PPKM,” kata Kasi Sejarah dan Purbakala pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan Ika Ratnawati.

Untuk menghindari penyebaran Covid-19, penerapan protokol kesehatan di museum pun diperketat. Termasuk pembatasan para pengunjung yang datang.

Selain itu, museum selama PPKM ini juga hanya menerima kunjungan perorangan saja. Untuk kunjungan rombongan dalam jumlah banyak, sementara ini ditiadakan.

“Saat ini kami hanya menerima kunjungan perorangan saja. Sehari maksimal hingga 30 orang. Sebelum masuk ke dalam, lebih dulu cuci tangan, pakai masker, dan di cek suhu tubuhnya,” jelas Ika.

Selama PSBB maupun PPKM diterapkan, jumlah pengunjung museum setempat cukup minim. “Sehari yang tercatat dalam daftar buku tamu, jumlah pengunjung maksimal 5-10 orang. Bahkan, tidak ada sama sekali pun sering. Adanya pandemi korona ini sangat berpengaruh besar,” jelas Ika. (zal/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU