alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Diguyur Hujan, Tebing Tol Gempol-Pandaan Retak-Ambrol

GEMPOL, Radar Bromo – Sebuah tebing di ruas tol Gempol-Pandaan (Gempan), mengalami retak dan ambrol. Retaknya tebing itu berlokasi di Km 51.400, sisi sebelah timur arah Surabaya ke Malang, tepatnya di Desa Randupitu, Kecamatan Gempol.

Retak dan ambrolnya tebing ini merupakan titik atau lokasi baru. Berbeda dengan titik yang juga pernah retak dan ambrol, dan kini sudah diperbaiki. Di Km 51.400, retak dan ambrolnya tebing terjadi usai hujan deras mengguyur, beberapa waktu lalu.

“Kejadiannya sekitar tiga hari yang lalu, karena tergerus air hujan. Sehingga permukaan tebing yang berupa cor dan kering, sebagian retak,” terang humas PT Jasamarga Pandaan Tol (JPT), Brahmo W. Sudibyo.

Pasca diketahui tebing mengalami ambrol dan sebagian retak, kata Brahmo, tim teknis sekaligus pemeliharaan dari PT JPT selaku pengelola ruas jalan tol sepanjang 13,5 kilometer ini, telah mendatangi lokasi. Tim juga mensurvei lapangan. Agar tidak meluas dan lebih aman menginggat saat ini curah hujan masih tinggi, tim teknis menutup dengan terpal, pada tebing tol yang ambrol.

“Tebing yang ambrol dan juga retak di Randupitu ini panjangnya sekitar 35 meter. Kemudian tingginya lima meter,” bebernya.

Setelah survei tuntas, ia menuturkan, saat ini pengelola tengah berkonsultasi dengan konsultan. Terutama menyangkut rencana perbaikannya, termasuk pula metode dan teknis yang akan digunakan. Perbaikan itu bisa dengan pemasangan bronjong batu kali, atau tetap di cor seperti sebelumnya.

Dalam insiden ini ini, ia tegaskan, sama sekali tak sampai mengganggu traffic atau arus lalulintas dilokasi tol. Khususnya dari arah Surabaya ke Malang. Karena jaraknya cukup jauh, dari badan jalan utama.

“Dalam waktu dekat dan secepatnya, perbaikan fisiknya akan dilakukan. Sekarang masih konsultasi dengan konsultan. Begitu diputuskan pakai metode apa yang tepat, nantinya langsung digarap sampai dengan selesai,” jelasnya. (zal/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU