Nihil Rambu, Penggal Jalan RA Kartini Rawan Kecelakaan

PANDAAN, Radar Bromo – Ruas Jalan RA Kartini juga kerap terjadi kecelakaan lalu lintas. Acap kali kecelakaan terjadi di penggal jalan Kalitengah, tepat di depan rumah makan IBC sisi sebelah utara. Umumnya kecelakaan terjadi jika ada mobil atau motor yang hendak putar balik.

Kecelakaan ini ditengarai memang akibat kurang kehati-hatian atau kelalaian pengguna jalan sendiri. Namun, tidak terpasangnya rambu di lokasi tersebut juga ikut menjadi faktor.

Minimnya rambu terpasang di penggal jalan tersebut, dikeluhkan dan disayangkan Kanit Lantas Polsek Pandaan Iptu Gatot Subroto. “Hanya sisi utara yang belum ada rambunya, titik lainnya sisi selatan sudah ada. Sementara yang belum terpasang rambu itulah seringkali terjadi kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya.

Agar tidak menjadi langganan kecelakaan, dia mendesak Dishub Kabupaten Pasuruan turun ke lapangan. “Agar kerawanan dapat diminimalisasi. Selain itu, memang sudah seharusnya ada rambunya,” kata Gatot -sapaan akrabnya-.

Terpisah, Sugik salah seorang staf teknis sarpras dari Dishub Kabupaten Pasuruan mengatakan, untuk pemasangan rambu yang belum ada di penggal jalan sisi utara depan rumah makan IBC, menjadi atensi instansinya. “Kami koordinasikan dengan pimpinan dan Dishub Pemprov Jatim. Karena lokasinya merupakan ruas jalan nasional,” katanya. (zal/fun)