Kontainer Naik Median lalu Tabrak Tronton di Kepulungan Gempol

GEMPOL, Radar Bromo – Arus lalu lintas di jalan nasional jurusan Surabaya–Malang di Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Rabu sore (11/3) terganggu. Itu, setelah terjadi kecelakaan yang melibatkan dua truk.

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 15.00. Dua truk yang terlibat kecelakaan itu adalah truk kontainer bernopol S 8317 UN dan truk tronton wingboks bernopol W 8039 UR.

Dari informasi yang dihimpun menyebutkan, kecelakaan tersebut bermula saat truk kontainer yang berjalan dari arah utara ke selatan, melaju di lajur cepat atau kanan. Truk itu dikemudikan Rudi Iswanto, 36, warga Bareng, Jombang.

Sesampainya di lokasi kejadian, truk hilang kendali dan mengarah ke kanan hingga naik median jalan. Tak berhenti di situ, truk kontainer juga menabrak truk tronton wingboks yang melaju dari arah berlawanan. Truk itu dikemudikan Sunardi, 66, asal Mojoagung, Jombang.

“Kontainernya banting setir ke kanan, menabrak median sekaligus tabrak tronton wingboks dari arah berlawanan. Posisi kontainer melintang, sempat menutup satu jalur dari arah Surabaya ke Malang. Untuk jalur arah Malang ke Surabaya masih bisa dilewati di lajur kiri,” terang Kanit Lantas Polsek Gempol Ipda Johanes Hardiono.

Usai kejadian, kedua sopir kendaraan bertonase berat terlibat laka lantas ini sama-sama mengalami luka lecet di wajah, kepala, serta tangan. Keduanya pun lantas dievakuasi ke IGD RS Asih Abiyakta, yang berjarak hanya 750 meter dari lokasi kejadian.

Untuk kedua kendaraannya, sama-sama mengalami kerugian materiil. Berupa kerusakan kaca depan pecah, bodi, dan bemper depan desok. “Pemicu lakanya berawal dari kendaraan kontainer, diduga sopirnya ngantuk. Sehingga, terjadi kecelakaan ini,” papar Johanes.

Arus lalin dari dua arah akhirnya kembali normal setelah evakuasi truk kontainer yang nyangkut di median tuntas. Yakni, sekitar pukul 16.30 sore atau sekitar 1,5 jam selang kejadian. “Kedua kendaraannya kami amankan di Poslantas untuk dijadikan barang bukti dalam kecelakaan ini,” jelasnya. (zal/mie)