Satlantas Usul ke Dishub Bangun Pos Pantau di Jurang Ampel

PRIGEN, Radar Bromo – Ruas jalan Jurang Ampel di Desa Lumbangrejo, Prigen, selama ini jadi jalur black spot rawan kecelakaan. Untuk meminimalisasi kecelakaan, Satlantas mengusulkan dibangun pos pantau di kawasan setempat.

Panit Satu Unit Lantas Polsek Pandaan Iptu Gatot Subroto menjelaskan, pihaknya sudah mengusulkan pembangunan pos itu ke Dishub Kabupaten Pasuruan. Minimal dua titik sekaligus. Yakni di bawah dan atas. Menginggat selama ini di lapangan keberadaan pos pantau tidak ada sama sekali.

“Untuk Jurang Ampel, sudah layaknya ada pos pantaunya. Tidak perlu permanen, portabel juga bisa. Ini, penting dan terkait ini sudah kami usulkan ke Dishub Kabupaten Pasuruan,” ujar Gatot.

Lebih lanjut Gatot menuturkan, pos pantau tersebut difungsikan sebagai tempat singgah petugas saat patroli bersifat tentatif melakukan pengaturan arus lalin di Jurang Ampel. Bisa dari Poslantas Polsek Pandaan ataupun juga dari personel Sabhara Polsek Prigen.

“Di luar itu, juga difungsikan supeltas untuk standby jika ada. Rencana yang akan kami bentuk, membantu petugas melakukan pengaturan. Dengan tujuan, minimalisasi terjadinya laka lantas, itu saja,” tuturnya.

Terkait hal itu, kepala Dishub Kabupaten Pasuruan Agus Hariwibawa menjelaskan, pihaknya belum bisa menjanjikan untuk merealisasikannya dalam waktu dekat. “Selain mengacu ketersediaan anggaran, kami juga koordinasi dulu dengan Dishub Provinsi Jatim. Sebab, ruas jalan itu merupakan jalan provinsi,” bebernya. (zal/mie)