Halau Kendaraan Masuk Jurang Ampel untuk Minimalisir Terjadinya Laka Lantas

TEKAN LAKA: Sejumlah personel Unit Sabhara Polsek Prigen, berjaga di Simpang Tiga Sumberwekas, Desa Lumbangrejo, Kecamatan Prigen. Mereka bersiaga untuk menghalau kendaraan agar tidak melintas di kawasan Jurang Ampel. (Foto: Rizal Fahmi Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PRIGEN, Radar Bromo – Polsek Prigen, Polres Pasuruan, terus berusaha menekan kecelakaan lalu lintas di kawasan Jurang Ampel, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Salah satunya dengan berjaga dan menghalau kendaraan yang hendak melintas di sekitar Jurang Ampel.

Selama dua pekan terakhir, setiap weekend atau akhir pekan personel Unit Sabhara Polsek Prigen, berjaga di Simpang Tiga Sumberwekas, Desa Lumbangrejo. Mereka fokus menghalau semua kendaraan dari Trawas, Mojokerto untuk tidak melintas di kawasan Jurang Ampel. Baik berupa sepeda motor maupun mobil pribadi hingga truk.

Semua kendaraan yang menuju Prigen dari arah Trawas, diarahkan langsung belok kiri melintas via Gajahrejo, Desa Lumbangrejo. “Ini kami lakukan untuk meminimalisir terjadinya laka lantas di Jurang Ampel, yang merupakan jalur tengkorak,” ujar Kanit Sabhara Polsek Prigen, Aipda Heru Sungkono.

Ia menuturkan, selama ini di Simpang Tiga Sumberwekas, sudah terpasang rambu-rambu larangan lengkap dan banyak. Termasuk, juga terpasang spanduk. “Rambu larangan sudah ada dan jelas. Jumlahnya juga banyak. Tinggal kesadaran para pengguna jalannya saja, mau patuh atau tidak,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Heru mengaku tidak memberikan sanksi berupa tilang kepada para pengendara. Pihaknya hanya fokus menghalau atau memberikan imbauan dan mengarahkan sesuai jalur yang benar. Agar kecelakaan lalu lintas di Jurang Ampel, dapat diminimalisir.

“Kejadian selama ini paling banyak diakibatkan kendaraan dari arah Trawas mengalami rem blong atau sopir tidak kuasai medan. Sehingga, jadinya fatal. Karena keterbatasan personel di lapangan, untuk patroli sifatnya tentatif,” ujarnya. (zal/rud/fun)